• Translate

6/26/2014

Landasan Teori Lanjutan 3 : Model WAP

Tutorial WAP |

Advertisement

Landasan Teori Lanjutan 3 : Model WAP
 
2.4.2 Model WAP

Model atau konsep dari WAP ini tidak jauh berbeda dengan model WWW, karena pada dasarnya menggunakan standar komunikasi protokol pada WWW tersebut. Untuk dapat mengakses internet komputer harus memiliki program aplikasi browser seperti Internet Explorer atau Netscape, dan memiliki akses ke perusahaan penyedia layanan internet atau ISP (Internet Service Provider).

Konsep yang sama juga berlaku pada wireless internet access. Agar dapat melakukan akses ke internet, wireless device harus dilengkapi dengan fasilitas WAP. Pada wireless device yang dilengkapi fasilitas WAP terdapat program aplikasi micro browser yang memiliki fungsi dan cara kerja yang hampir sama dengan Internet Explore atau Netscape, selanjutnya melalui WAP gateway dapat melakukan koneksi ke internet. Proses yang berlangsung dapat digambarkan sebagai berikut.
Gambar 2.3  Model Program WAP
Gambar 2.3 Model Program WAP

Prinsip kerjanya adalah aliran data dari telepon selular (client) atau WAP protokol, akan mengirim encoded request. WAP gateway akan mentransmisikan request dari WAP protokol yang terdiri atas WSP, WTP, WTLS, dan WDP tersebut menuju WWW protokol (Origin Server, yaitu HTTP, TCP/IP). Encoder akan mnyesuaikan format data dengan server jaringan WWW yang dapat berupa CGI dan script, kemudian server akan merespon request tersebut dan mengirimkan kembali melalui protokol gateway untuk ditranslasikan kembali menuju WAP client, dalam hal ini adalah telepon selular.

WAP gateway memiliki fungsi sebagai berikut.
a.    Menerjemahkan request dari WAP protokol stack ke WWW protokol stack (HTTP dan TCP/IP).
b.    Sebagai encoder dan decoder yang berfungsi sebagai modem. Encoder adalah mengkodekan atau menyandikan isi web ke dalam format WML untuk mengurangi ukuran dan jumlah paket yang dikirim melalui jaringan wireless, sedangkan fungsi decoder adalah kebalikan dari fungsi encoder.
User juga dapat menggunakan WAP emulator yang berfungsi sebagai micro browser pada telepon selular. WAP emulator dapat menerjemahkan bahasa pemograman WML sehingga pengguna dapat mengakses situs-situs WAP atau aplikasi WAP yang ada di internet melalui sebuah PC yang terkoneksi dengan internet.

2.4.3    Aplikasi WAP

Akses internet melalui sebuah telepon selular telah membentuk suatu komunitas baru yaitu para pengguna wireless internet access melalui telepon selular yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan komunitas pengguna internet pada umunya.
Beberapa karakteristik dari penggunaan teknologi tersebut adalah sebagai berikut.
a.    Mudah digunakan
Penggunaan wireless internet access dan aplikasinya melalui telepon selular, dibuat semudah penggunaan telepon selular biasa.

b.    Efektif dan efisien
Penggunaan wireless internet access akan seefektif dan seefisien mungkin, mengingat beberapa keterbatasan pada telepon selular seperti, daya pada kapasitas baterai yang terbatas dan biaya akses internet yang agak mahal.

c.    Kegunaan dan manfaat
Informasi  yang didapat melalui penggunaan telepon selular untuk wireless internet access harus benar-benar berguna dan bermanfaat sehingga informasi yang diperoleh sesuai dengan yang dibutuhkan.

Atas dasar alasan-alasan tersebut diatas, maka aplikasi yang dibuat harus berdasarkan dengan karakteristik WAP, yang berbeda dengan aplikasi-aplikasi yang ada di internet pada umunya. Beberapa contoh aplikasi WAP yaitu untuk mengetahui kurs nilai mata uang asing, indeks saham, saldo rekening, serta informasi persedian karcis.

Agar aplikasi WAP yang dibuat dapat beriteraksi dengan database server sehingga lebih dinamis, maka diperlukan pemograman web server seperti CGI, PHP, ASP, atau Perl yang bekerja pada komputer server.

2.4.4    Bahasa Pemograman WAP

Agar suatu informasi dapat dikirim melalui jaringan wireless dan dapat diakses melalui telepon selular, maka informasi tersebut harus memiliki format atau bentuk yang sesuai dengan karakteristik jaringan wireless dan wireless device.
Bahasa yang digunakan dalam pemograman WAP ini yaitu menggunakan Wireless Markup Language (WML) dan Wireless Markup Language Script (WMLScript) yang berbasis pada XML (Extended Markup Langauge) dan document character set.


2.4.4.1    Wireless Markup Language (WML)

WML merupakan suatu bahasa komputasi yang digunakan WAP untuk mengubah informasi berupa teks dari halaman situs dan menampilkan di layar ponsel. WML merupakan subset dari XML dan dikhususkan untuk penggunaan content dan perangkat user interface yang bekerja pada pita sempit, layar display yang kecil dan keterbatasan fasilitas input dari user, keterbatasan memori dan perhitungan ponsel dan pager. 
Cara kerja WAP dapat dilihat pada gambar berikut ini.
Gambar 2.4  Diagram Cara Kerja WAP

Gambar 2.4  Diagram Cara Kerja WAP

Terdapat tiga bagian utama dalam akses WAP, yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP gateway sebagai perantara, dan web server sebagai sumber dokumen.

WML dirancang secara spesifik agar sesuai dengan spesifikasi dan karakteristik dari jaringan wireless dan wireless device. Selain itu, WML juga dapat menampilkan gambar pada telepon selular atau wireless device lainnya, yaitu dengan menggunakan format gambar khusus Wireless Bitmap Image (WBMP) yang memiliki ukuran file yang sangat kecil dan hanya menggunakan satu warna saja (monochrome) sehingga cocok untuk wireless device yang rata-rata masih menggunakan satu warna pada layar tampilannya.

WML document atau halaman WML berupa deck (kumpulan dari satu atau lebih WML card) yang terdiri atas satu atau lebih card (sebuah WML urut, yang berisi informasi yang ditampilkan pada telepon selular).
Gambar 2.5  Anatomi WML

Gambar 2.5  Anatomi WML

WML document berdasarkan isinya dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu.
a. Header, yang mendefinisikan WML file adalah XML document (versi 1.0) dan lokasi dari Document Type Definition (DTD).<?xml version=”1.0”?><!DOCTYPE wml PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD WML 1.3//EN" "http://www.wapforum.org/DTD/wml13.dtd" >.
b. Body, isi dari dokumen WML yang diapit oleh tag.
<wml>
....
</wml>
body terdiri dari satu atau lebih card, informasi yang dapat ditampilkan pada telepon selular, yang ditunjukkan dengan tag
<card>
....
</card>

Sekian dulu sambungan dari tutorial kemarin Mobile Commerce / Wireless Application Protokol (WAP)  Dan akan kita lanjutkan kan ke Landasan Teori Lanjutan 4 : 2.4.4.1.Struktur WML.
Ditunggu ya..!! 

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.