• Translate

7/22/2014

Pengertian Uninterruptible Power Supply (UPS)

Tutorial Hardware |

Advertisement

Pengertian Uninterruptible Power Supply (UPS) | Saat menyalakan laptop dengan charger, tidak disarankan untuk melepas baterai lho. Tahu gak alasannya kenapa? Karena jika saat menggunakan laptop kamu hanya bergantung dari AC power tanpa baterai, maka bila suatu ketika listrik mati mendadak, hardware atau software laptop-mu bisa rusak. Meski begitu, jika menggunakan UPS, kamu bisa menggunakan laptop tanpa baterai. Nah, Kenapa bisa begitu? Apa sih UPS itu dan manfaatnya bagi komputer sobat? Terus baca okay..

Uninterruptable Power Supply (UPS) merupakan alat yang memberikan tenaga listrik cadangan sementara pada komputer jika listrik utama mati. Dengan menghubungkan komputer ke UPS, bila suatu ketika listrik di rumahmu mati, maka laptop-mu tidak akan langsung mati, melainkan tetap menyala menggunakan listrik dari UPS. Kamu jadi punya waktu untuk melakukan shutdown laptop sesuai prosedur, atau menghidupkan genset agar listrik menyala kembali.

Uninterruptable Power Supply (UPS)
Uninterruptable Power Supply (UPS)

Selain memberikan listrik cadangan untuk perangkat yang terhubung dengannya, UPS juga dapat menstabilkan tegangan. Bila terjadi ketidakstabilan pada tegangan input, UPS akan melakukan stabilisasi tegangan sehingga tegangan output yang dipakai komputer tetap merupakan tegangan stabil.

Dengan penggunaan UPS, kamu tidak perlu khawatir lagi saat menyalakan laptop tanpa baterai. Soalnya meski listrik mati, laptop-mu tidak akan langsung mati. Adanya listrik cadangan sementara dari UPS memberikan kesempatan padamu untuk menyimpan terlebih dahulu semua pekerjaan yang kamu lakukan.

Kalau daerah rumahmu tergolong sering terkena pemadaman listrik, atau tegangan listrik di rumahmu tidak stabil padahal kamu suka menggunakan laptop tanpa baterai, tidak ada salahnya menggunakan UPS. Namun, jika tidak pakai pun tidak masalah, asal kamu selalu ingat untuk tidak melepas baterai meski memakai laptop dengan colokan ya 

Kalo anda ingin membeli UPS pertama kali, silahkan perhatikan point-point kriteria dalam memilih ups yang bagus dan sesuai kebutuhan komputer anda :
  1. Pastikan anda membeli UPS mempunyai daya yang lebih besar dari pada Power Suply komputer anda. Power supply biasanya dalam satuan Watt sementara kapasitas UPS dalam satuan VA. Satuan Watt dan VA adalah tidak sama. Watt = VA x Power Factor. Biasanya di kardus UPS tertera berapa besar kapasitas VA dan Power Factor.
  2. Cek kapasitas baterai. Berapa lama UPS dapat hidup (membackup) ketika listrik padam. Biasanya berkisar antara 8-20 menit.
  3. Pastikan UPS dilengkapi dengan AVR (Stabilizer) dan fuse (anti petir) yang berkualitas sehingga jika tegangan listrik turun ataupun tidak stabil, maka kerusakan di computer atau komponennya dapat dicegah.
  4. UPS mempunyai Transfer time yang kecil, sehingga ketika listrik padam, UPS dengan cepat menggatikan pasokan daya dan komputer tidak mengalami restart.  
Sekian dulu artikel tentang UPS ini, akan kita lanjutkan lagi nanti untuk membahas semua masalah hardware.

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.