• Translate

1/27/2015

Desain Tampilan Aplikasi Mobile Commerce (WAP) untuk Member

Tutorial WAP |
Desain Tampilan Aplikasi Mobile Commerce (WAP) untuk Member | Tutorial ini adalah lanjutan dari tutorial kemarin yang membahas Desain Tampilan Aplikasi Mobile Commerce Reservasi Tiket Pesawat Berbasis WAP , dan tutorial lanjutan ini akan membahas desain tampilan untuk pengguna mobile devices, baik member atau pengujung yang hanya ingin mengetahui jadwal penerbangan.

Bagian ini khusus dibuat untuk user selain administrator, dan hanya dapat mengakses seluruh data dan informasi yang ada pada Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Terbang Berbasis Wap melalui mobile devices.

Desain Tampilan Utama Mobile commerce pemesanan tiket pesawat berbasis wap
Gambar 4.112 Desain Tampilan Utama Mobile commerce pemesanan tiket pesawat berbasis wap

1. Menu Utama
Pada menu utama ada 4 macam menu utama yang bisa diakses oleh member dan pengunjung antara lain : Informasi, Member Mobile, Help, Profile.

Desain Tampilan menu utama
Gambar 4.113 Desain Tampilan menu utama

2. Informasi
Pada menu informasi ada 2 menu yang bisa diakses oleh member diantaranya menu info pesawat dan menu info transaksi, pada menu info transaksi ini, member yang sudah pernah memesan tiket pesawat tidak perlu lagi login pada bagian login member karena pada menu ini hanya menampilkan informasi yang pernah dilakukan hanya dengan menginput nomor transaksi saja. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Desain Tampilan menu informasi
Gambar 4.114 Desain Tampilan menu informasi
  • Info pesawat
    Pada info pesawat ini siapa saja bisa melihat jadwal penerbangan, tapi tidak ada menu untuk pemesanan disini hanya menampilkan data penerbangan dengan memilih tanggal, bulan dan tahun keberangkatan. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Desain Tampilan menu info pesawat
Gambar 4.115 Desain Tampilan menu info pesawat

Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa member atau pengunjung bisa melihat jadwal keberangkatan pesawat dengan memilih tanggal, bulan, tahun. Apabila jadwal keberangkatan ada maka akan tampil jadwal keberangkatan tapi apabila jadwal keberangkatan tidak ada maka member atau pengunjung memilih link tanggal selanjutnya dan tanggal sebelumnya atau bisa memilih link ulangi untuk kembali memilih tanggal yang diinginkan.

    • Info transaksi
      Pada menu info transaksi ini hanya menampilkan data pemesanan tiket yang sudah dipesan oleh member. Tapi di menu info transaksi ini member tidak perlu melakukan login, member hanya cukup menginput nomor transaksi yang diberikan oleh sistem. Dapat digambarkan dibawah ini :
    Desain Tampilan menu info transaksi
    Gambar 4.116 Desain Tampilan menu info transaksi

    Pada gambar diatas dapat dilihat bahwa pada menu info transaksi member hanya perlu menginput nomor atau kode trasaksi yang diberikan oleh sistem, apabila ada kesalahan dalam penginputan kode transaksi maka akan keluar pesan kesalahan. Tapi apabila kode transaksi di input dengan benar maka data pemesanan tiket dapat ditampilkan oleh sistem untuk dilihat oleh member.


    3. Menu Member Mobile
    Pada menu member mobile ini, khusus digunakan oleh member atau pengunjung yang ingin menjadi member pada Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis wap. Pada menu member mobile ada 2 menu yang bisa digunakan antara lain menu pendaftaran user dan menu transaksi mobile. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
    • Menu Pendaftaran User
      Pada menu pendaftaran user pengunjung bisa melakukan pendaftaran untuk menjadi member agar bisa melakukan pemesanan tiket pesawat sesuai dengan ketetentuan yang berlaku. Apabila ada data yang salah maka sistem akan mengeluarkan pesan error. Maka, pengunjung harus memperbaiki datanya sampai benar. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
    Desain Tampilan menu pendaftaran user
    Gambar 4.117 Desain Tampilan menu pendaftaran user
    • Transaksi mobile
      Pada menu trasaksi mobile, menu ini hanya diperuntukkan kepada member untuk melakukan pemesanan tiket dengan menginput username dan password yang valid serta memiliki debit yang cukup di rekeningnya karena pembayaran yang dilakukan menggunakan simulasi m-banking. Dapat digambarkan seperti dibawah ini :

    Desain Tampilan menu transaksi member dalam aplikasi pemesanan tiket pesawat berbasis wap
    Desain Tampilan menu transaksi member dalam aplikasi pemesanan tiket pesawat berbasis wap

    4. Menu Help
    menu help berfungsi untuk melihat bantuan yang bisa dibaca oleh member atau pengunjung. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

    Desain Tampilan menu help
    Gambar 4.119 Desain Tampilan menu help

    5. Menu Profile
    Pada menu profile member dan pengunjung bisa melihat profil perusahaan travel agent, dapat dilihat pada gambar berikut ini :
    Desain Tampilan menu profile
    Gambar 4.120 Desain Tampilan menu profile
    Alhamdulillah Selesai juga kita membahas tentang Tutorial Aplikasi Mobile Commerce Reservasi tiket Pesawat Berbasis WAP ini sampai selesai.  insyaAllah nanti aka saya bahas tentang aplikasi lainnya. jadi sobat silahkan kunjungi atau subcribes ataupun bookmark dulu juga boleh blog saya ini.
    Loading...

    Disqus
    Blogger
    Comment
    How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
    • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
    • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
    • To write a underline letter please use <u></u>.
    • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
    • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
    Show Parser Box

    No comments Add Comment

    Comments not appropriate topic will sign SPAM.

    Loading...