• Translate

2/28/2015

Apa Itu Optimasi SEO On Page?

Tutorial Blogspot |

Advertisement

Pengertian Apa itu Optimasi SEO On Page? | Optimasi OnPage merupakan istilah dalam SEO, yang mengacu kepada segala sesuatu yang bisa kita lakukan pada komponen-komponen sebuah halaman website atau blog.

Setelah onpage seo blog sobat bagus masih ada tahap lagi, yaitu optimasi seo offpage dan membuat konten artikel yang berkualitas. Tentang cara optimasi seo off page dan cara membuat konten berkualitas akan saya bahas nanti. Yang akan saya bahas sekarang adalah optimasi On Page SEO.

onpage optimazitation

Cara-cara mengoptimalkan On Page SEO pada blog sobat :
1. Optimasi Meta Title Tag, Description, dan Heading Tag
  • Meta Title Tag
    Meta title tags Banyak dari pada praktisi SEO yang mengannggap bahwa title tag adalah atribut onpage seo yang terpenting, Meta Title Tag, Karena hal itulah yang menjadi ukuran google untuk menentukan apakah halaman kita relevan dengan sebuah kata kunci adalah dilihat dari Title Tag nya.

    Letak title tag itu berada di bagian <head>, dan kodenya adalah...

    <title> isi dari title tag </title>

    Silakan ctrl + u utk mengetahui contoh meta title tag blog saya.

    Cara mengisi title tag adalah dengan menggunakan kata kunci yang panjangnya tidak melebihi dari 70 karakter. Perlu sobat ketahui bahwa semakin letaknya di depan kata tersebut, maka poinnya akan semakin tinggi, Jadi sebaiknya format dari isi title tag adalah:

        JUDUL ARTIKEL saja, atau
        JUDUL ARTIKEL - NAMA BLOG....

    Sebaiknya hindari struktur NAMA BLOG: JUDUL ARTIKEL, Kecuali kalau blog sobat sudah punya reputasi tinggi, mau bagaimana saja terserah sobat.

  • Meta Description
    Dalam memberi Meta Description, harus memperhatikan beberapa hal berikut..

        * Panjang maksimalnya adalah 500 karakter
        * Jangan sampai mengulang  kata lebih dari dua kali
        * Sebaiknya  dibagian awal deksipsi  sobat letakkan kata kunci yang akan sobat targetkan

    Jangan lewatkan optimasi onpage yang satu ini. Karena hal ini juga memegang poin tertinggi di <head> !
  •  Heading Tag
    Menambah Heading Tag sama saja sobat berkata kepada google, "Ini adalah bagian terpenting, ini lebih penting, ini penting, dan ini bagian agak penting.

    Jadi,silahkan sobat praktekkan ya..!!

2. Optimasi URL Postingan
Banyak kesalahan dalam optimasi url posting yang biasa kita lakukana tanpa kita sadari, misalnya contoh url yang salah adalah http://www.contoh-aja.com/t95673465/name.php?id=3232789q28a988, URL tersebut sama sekali tidak mengandung keywords, dan hal itu berarti dia menyia-nyiakan satu atribut yang penting dalam faktor SEO onpage. Jadi kalau bisa harus ada pencantuman keyword di URL postingan sobat, biar lebih seo friendly.
misalnya :
http://www.alltutorials.info/2015/02/publisher-adstars-co-id.html
http://www.tokobuku.com/buku/komik/onepiece-episode-200.html


heading blog3. Optimasi Judul Halaman <h1>
h1 blogspot yang tertera pada judul halaman harus  mengandung kata kunci yang sobat targetkan, karena bagaimana pun <h1> memang harus seperti itu. Hal Ini jugalah  yang menjadi dasar berkembangnya teknik Dynamic Heading, di mana para pembuat blog berupaya agar halaman artikel menampilkan judul artikel sebagai judul halaman. 
"Poin dari <h1> sangat berperan  di dalam teknik onpage halaman web".


heading blog4.  Optimasi Judul Artikel <h2> dan Sub Judul dalam Artikel <h3>
Lebih baik jika judul artikel kita beri tag h2. Jika ada persamaan dalam judul artikel <h2> dengan judul halaman <h1> maka tidak masalah.
Untuk sub judul dalam artikel <h3> bisa dikatakan sebagai pelengkap, karena ini juga akan memperkuat on page. Bisa sobat buktikan ketika sobat membuat sub-sub judul dalam pembahasan, maka hal itu akan menegaskan relevansi dari pembahasan sobat.


fresh content to google5. Optimasi Konten
Konten Berkualitas Ideal adalah konten yang harus unik, berkualitas dan memberikan nilai ke pengunjung blog sobat. Akan lebih baik sesuaikan konten dengan target sobat.
Konten harusnya relevan dengan topik situs sobat, juga kaya akan keyword. Pastikan konten berisi antara 500-1000 kata per postingan. Dengan beberapa heading atau sub judul untuk mempermudah visitor dalam membacanya.


Optimasi Gambar dan ALT6. Optimasi Gambar dan ALT
Saat robot spider search engine seperti google dkk mengunjungi website sobat, spider bisa membaca kode dan konten di dalam website namun tidak bisa membaca gambar atau image, walaupun gambar tersebut jelas-jelas gambar yang sesuai dengan topik.

Hal ini juga merupakan salah satu teknik on page SEO, karena tujuan utama dari sebuah halaman website adalah memberikan informasi yang paling relevan kepada pengunjungnya, dan terkadang itu berupa gambar.


7. Optimasi Template SEO friendly
Gunakan template SEO friendly. Silakan anda mencarinya di google tentang template SEO friendly ini dan Pastikan juga pilih struktur template yang artikelnya berada di bagian kiri dan sidebar di bagian kanan.


8. Optimasi Pendaftaran Blog Ke Berbagai Search Engine
Daftarkan blog atau website sobat ke semua search engine, terutama yang terkenal seperti google, bing, dan yahoo.

saya kira itu saja cara melakukan Optimasi SEO On Page untuk website atau blog sobat, nanti akan kita lanjut ke optimasi SEO Off Page. ditunggu ya..

Salam Bloggers,

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.