• Translate

3/17/2015

Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered"

Tutorial Hardware |
Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered" | Sobat pasti pernah mengalami hal ini bukan? "Display driver stopped responding and has recovered" di Komputer atau laptop sobat setelah lama digunakan dan tiba-tiba menampilkan notifikasi "Display driver stopped responding and has recovered" pada pojok kanan bawah. Selain itu layar komputer atau laptop sobat menjadi hitam sementara, kemudian kembali normal dengan cahaya yang lebih kontras. Terkadang, malah terjadi blue screen dan komputer menjadi restart dengan sendirinya.

Masalah di atas juga pernah saya alami pada laptop dan komputer (PC) yang sering saya gunakan untuk bekerja. Hal tersebut sangat mengganggu, meskipun hanya beberapa detik saja. Lalu bagaiman cara mengatasinya atau cara memperbaiki masalah "Display driver stopped responding and has recovered" tersebut?

Mengatasi masalah Display driver stopped responding and has recovered

Nah solusi untuk error "Display driver stopped responding and has recovered" bisa sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Matikan Over Clock
Masalah di atas juga bisa terjadi karena adanya overclock pada processor, ram, dan VGA. Kalau sobat memang marasa pernah melakukan itu silakan kembali pada settingan normal. Tapi kalau tidak pernah melakukan overclock, abaikan langkah ini.

2. Cek Suhu dan Bersihkan Casing
Kalau error ini terjadi pada laptop silakan cek suhu laptop dengan cara meraba bagian bawah laptop, kalau panasnya sudah tidak normal tentu tangan anda bisa merasakannya sendiri. Kalau dirasa tidak normal silakan sobat bersihkan casing, mungkin ada kotoran atau debu yang menyumbah jalan udara keluar dari fan laptop. Ada baiknya anda juga membongkar laptop anda dan membersihkan bagian processor, memori dan vga dari debu yang menempel. tapi hati-hati saat sobat membongkar laptop ya, usahakan ada teman yang ahli dalam membongkar laptop sobat.

3. Updare Driver VGA
Kalau cara di atas belum bisa menyelesaikan masalah, coba sobat update driver vga laptop atau PC. Silahkan cari patch update terbaru dari vga laptop atau PC sobat.

dengan cara diatas insyaallah masalah "Display driver stopped responding and has recovered" bisa teratasi. dari cara diatas saya menggunakan langkah ketiga baru berhasil setelah cara pertama dan kedua gagal. Namanya juga bereksperimen pasti ada gagal dan berhasil bukan.

Demikian Cara Mengatasi Masalah VGA "Display driver stopped responding and has recovered" yang sering terjadi pada komputer atau laptop. Semoga bisa menyelesaikan masalah sobat tersebut.

Salam Bloggers,
Loading...

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.

Loading...