• Translate

3/21/2015

Cara Menggunakan Beberapa Fitur di Windows Phone 8

Tutorial Smartphone |
Smartphone bersistem operasi Windows Phone 8 memiliki beberapa fitur yang akan sering sobat gunakan seperti mengubah ukuran Live Tile, menyimpan peta dalam Nokia Maps, Multitask, menghapus aplikasi, mengambil screenshot, mengaktifkan Kid Corner, mengakses skydrive dan beberapa fitur lainnya.

Windows Phone 8 merupakan sistem operasi terbaru yang diluncurkan Microsoft. Meskipun penjualan perangkat berbasis Windows Phone 8 tidak selaris Android maupun iOS, namun banyak kalangan yang lebih menyukai tampilan dan fitur Windows Phone 8 dibandingkan sistem operasi lain.

Jika sobat merupakan salah satu pemula yang ingin menggunakan perangkat berbasis Windows Phone 8 namun masih belum bisa menggunakan smartphone sobat dengan lebih maksimal, saya akan berikan beberapa tips dan trik untuk menggunakan perangkat Windows Phone 8 sobat dibawah ini. 

Bagaimana Cara Menggunakan fitur di Windows Phone 8

Silahkan sobat mencobanya untuk lebih memahami fitur-fitur yang ada pada Windows Phone 8 sobat:
  • BAGAIMANA CARA MENGUBAH UKURAN LIVE TILE
    Salah satu fitur baru yang ada pada WP8 dibandingkan versi sebelumnya yaitu sobat bisa mengubah ukuran Tile (Ubin) dalam ukuran yang lebih kecil. Dalam versi WP 7 sobat hanya disediakan dua pilihan untuk mengatur ukuran Tile sehingga hal ini membatasi keinginan sobat yang mengharapkan tampilan yang lebih luas untuk layar sobat. Untuk menyesuaikan ukuran Tile, tahan jari ke bawah pada Live Tile kemudian tekan icon panah menghadap kebawah disisi kanan bawah.
  • BAGAIMANA CARA MENYIMPAN PETA DI NOKIA MAPS
    Salah satu fitur unggulan yang ada pada perangkat Windows Phone Nokia yaitu mampu menyimpan peta dalam memori telepon. Untuk menggunakannya yaitu dengan cara tekan icon "..." ke bagian bawah kanan layar di Nokia Maps kemudian pilih download peta. Kemudian sobat akan diberikan pilihan untuk peta yang akan didownload. Dengan menyimpan peta sobat bisa lebih menghemat waktu dalam mengakses peta yang anda harapkan.
  • BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN MULTITASK
    Dalam Windows Phone 8, fitur multitasking mudah digunakan dan terlihat fantastis. Untuk mengkasesnya silahkan tekan tombol Home lalu pilih tombol dibagian tengah dan menu tersebut akan muncul. Ini akan memunculkan recent app di layar.
  • BAGAIMANA CARA MENGHAPUS APLIKASI
    Untuk menghapus aplikasi yang tidak sobat inginkan sangat sederhana dan cepat tanpa harus menggesek layar ke kanan, kekiri untuk mengakses menu aplikasi utama. sobat cukup mencari icon aplikasi yang ingin sobat hapus lalu tekan dan tahan hingga aplikasi memunculkan menu kecil lalu sobat pilih uninstal pada pilihan tersebut, mudah bukan?.
  • BAGAIMANA CARA MENGAMBIL SCREENSHOT DI WINDOWS PHONE 8
    Tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengambil screenshot pada layar WP8. sobat cukup menekan tombol power dan icon Windows secara bersamaan. sobat akan mendengarkan suara shutter yang berarti sobat sudah berhasil melakukan screenshot pada layar Windows Phone sobat.
  • BAGAIMANA CARA MENGAKTIFKAN KID CORNER
    Fitur Kid Corner merupakan salah satu fitur baru yang hadir di WP8 yang tidak terdapat pada versi sebelumnya. Dengan Kid Corner perangkat sobat akan aman saat digunakan anak sobat bermain game ataupun kegiatan lain tanpa harus takut koleksi video atau musik sobat terhapus. Dalam pengaturan utama sobat dapat menemukan pilihan untuk memilih aplikasi yang dapat diakses dalam Kid Corner. Untuk menggunakannya sobat hanya menggeser layar kekanan-kekiri dari kunci layar.
  • BAGAIMANA CARA MENGAKSES SKYDRIVE
    Skydrive merupakan layanan penyimpanan cloud yang disediakan Microsoft untuk memanjakan pengguna Windows Phone. Dengan layanan ini sobat dapat menyimpan file-file berharga sobat hingga pilihan ukuran kapasitas. sobat juga diberikan pilihan untuk menyimpan otomatis backup data sobat di Skydrive. Bagaimana untuk mengaksesnya, untuk ponsel foto Skydrive sobat akan muncul dalam bentuk roll kamera sedangkan data lainnya akan disinkonkan secara otomatis. Untuk mengakses dengan browser laptop juga mudah, klik panah pada bar navigasi dibagian atas layar antarmuka Outlook.com. sobat akan menemukan menu pop-up dan memberikan pilihan Skydrive dan sobat bisa melihat file-file sobat disitu.
  • BAGAIMANA CARA MENGIDENTIFIKASI LAGU
    Kelebihan Windows Phone 8 yaitu bisa mengidentifikasi sebuah lagu sendiri, hanya dengan memutar lagu saat terhubung internet dan sobat bisa melihat informasi tentang lagu tersebut. Untuk menggunakannya, klik tombol Search dan akan memunculkan Bing Search. Pada bagian bawah akan terdapat bar gelap dengan dua icon. Tekan satu dengan catatan diatasnya lalu mic akan mendengarkan lagu hingga merasa cukup jelas dalam mengidentifikasi lagu tersebut.
  • BAGAIMANA CARA MENAMBAHKAN EFEK KAMERA DAN MODE
    Fitur kamera yang ada pada Windows Phone 8 memang sangat mendasar tanpa adanya Panorama dan HDR, namun sobat bisa menambahkannya dengan Lenses. Untuk mengaksesnya sobat cukup menekan tombol dalam aplikasi kamera yang memiliki dua anak panah dengan arah berbeda. sobat juga dapat mendownload Lenses tambahan secara gratis.
  • BAGAIMANA CARA MEMBACA KODE QR DAN BARCODE
    Salah satu fitur yang istimewa dari Windows Phone 8 yaitu sobat dapat memindai kode QR, Barcode dan bahkan membaca teks, mengubahnya menjadi teks yang dapat dicopy dan paste kedalam dokumen. Untuk menggunakannya sobat hanya perlu tekan Vision atau icon berbentuk mata dalam lingkaran, mudah bukan.
Saya rasa itu saja yang bisa saya tulis siang ini, Fitur - fitur diatas sering saya gunakan dalam kehidupan sehari-hari, tapi apabila ada kendala dalam menjalankan fitur-fitur WP8 diatas silahkan beri komentar dibawah.

Salam Bloggers,
Loading...

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.

Loading...