• Translate

5/01/2015

Tutorial Cara Mengelola Kontak di iPhone

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Tutorial Cara Mengelola Kontak di iPhone | Bagi sobat yang mempunyai iPhone pasti paling  banyak digunakan untuk browsing dan berkirim pesan lewat iMessage ataupun Whatsapp. Namun, fungsi telepon masih tetap mendapat prioritas utama.

Nah, saat menggunakan fungsi tersebut, tentunya kita akan selalu mengakses daftar kontak di buku telepon. Hanya saja karena banyaknya, akun yang kita masukkan, kerap kita menemukan kontak yang tidak dikenal atau terdapat nama yang sama alias double.

Agar daftar kontak lebih rapi dan lebih mudah digunakan, kali ini saya akan memaparkan bagaimana mengelola daftar kontak di iPhone. Ada beberapa langkah, namun semuanya cukup mudah dilakukan.

► Menyatukan Kontak Ganda (Double)
Tanpa sengaja kita sering menyimpan kontak orang yang sebenarnya sudah terdapat di iPhone. Alhasil Sobat menemukan daftar kontak orang yang sama lebih dari satu.

Untungnya iOS 8 memungkinkan kita menyatukan dua kontak yang sama. Kontak ini bernama Link Contact, cara mempergunakannya sebagai berikut:

Link contact iPhone 8

  1. Pilih daftar kontak yang memiliki banyak duplikasi
  2. Tekan tombol Edit dibagian kanan atas layar
  3. Scroll ke bawah dan tekan Link Contacts
  4. Pilih kontak lain yang ada di daftar.
Misalkan, Sobat salah memasukan kontak, kita bisa mengembalikannya ke semula. Caranya dengan menekan tombol minus merah pada nama yang salah tadi.

► Nickname
iOS 8 mendukung nickname pada daftar kontak. Dengan menambahkan nickname akan mempermudah sobat saat berkirim pesan. sobat tidak perlu mengetikan nama lengkap, cukup nicknamenya saja sudah cukup. semakin gampang bukan?

Cara Membuat Nickname di iPhone 8

Cara menambahkan Nickname pada sebuah kontak:
  1. Buka salah satu kontak yang ingin dibubuhkan nickname
  2. Tekan tombol Edit
  3. Secara default kolom Nickname tidak akan muncul. Maka Sobat harus menscroll ke bawah hingga menemukan tombol Add Field. Tekan tombol tersebut
  4. Pada layar Add Field, tekan Nickname
  5. Kembali pada layar pengeditan kontak. Bubuhkan nickname pada kontak tersebut.

► Menambahkan Foto
Menambahkan foto pada kontak akan sangat membantu mengindentifikasi ketika teman, kerabat, saudara, atau siapa saja yang ada di kontak menelpon. Karena foto tersebut akan terpampang di layar. Selain itu foto tersebut akan terlihat pada aplikasi Message ketika Sobat saling berkirim pesan.

Kita dapat secara menual menambahkan foto ke dalam sebuah kontak. Caranya dengan menekan tombol Edit pada salah satu kontak. Lalu tekan pada lingkaran Add Photo, seketika akan muncuk opsi langsung memotret dari kamera atau mengambil foto yang tersimpan dalam iPhone.

Add Foto on iPhone 8

iOS 8 juga menawarkan cara untuk secara otomatis menggunakan foto profil di Facebook. Caranya sebagai berikut:
  1. Pastikan Sobat login ke dalam akun Facebook. Bila belum buka Settings lalu pilih Facebook.
  2. Setelah login, pada layar pengaturan Facebook, tekan Update All Contacts. Facebook akan mencocokan daftar kontak di iPhone dengan datanya. Bila terdapat kontak yang sama, maka Facebok akan memperbarui foto kontak tersebut.
  3. Alternatif lainnya kita juga bisa menggunkan foto dari akun Twitter. Cara untuk mengintegrasikan akun Twitter ini sama seperti Facebook.
Kita terlebih dulu harus lagin ke akun Twitter. Setelah masuk, pilih opsi yang sama Update Contact. Setelah Twitter memindai informasi, ketika ada kontak yang cocok, seketika foto akan disematkan dalam iPhone sobat.

► Update Informasi
iOS menyediakan banyak kolom informasi pada daftar kontak, seperti menambahkan alamat ataupun tanggal lahir. Memang ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Update informasi Kontak di iPhone

Namun jika ada waktu kosong, tidak ada salahnya mengupdate informasi tersebut. Agar tidak menyusahkan pengetikan. Sebaiknya dilakukan lewat komputer, karena lebih nyaman melakukan pengetikan menggunakan keyboard. 

Semoga Bermamfaat,

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.