• Translate

8/28/2015

Tanda-Tanda Seseorang Telah kecanduan Smartphone

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Tanda-Tanda Seseorang Telah Kecanduan Smartphone | Saat ini Smartphone sudah bukan menjadi barang mewah lagi, karena banyak vendor smartphone yang menjual dengan harga murah dan penuh dengan kecanggihan didalamnya. Akibatnya banyak masyarakat kita berburu smartphone yang harganya murah dan sudah memiliki fitur-fitur yang mumpuni saat ini.

Kemampuan smartphone yang beredar saat ini membuat orang terpaku, rasanya kurang lengkap saat benda yang satu itu lupa dibawa, seperti saya sehari saja tidak terkoneksi internet saya merasa ada yang kurang. smartphone inilah yang menjadi senjata cadangan bagi saya kalau saya tidak bisa mengakses internet dari PC. tapi jangan salah saya konek internet hanya untuk menulis di blog, itu saja.

Tapi ada yang lebih parah lagi,sebagian orang sampai membawa smartphone kemana-mana bahkan sampai ke kamar mandi pun smartphone ikut dibawa.

Biasa pengguna smartphone sering membawa smartphone mereka untuk Sosial media dengan update status, chating serta notifikasinya membuat orang sulit lepas dari handphone. Selain itu banyaknya informasi yang bisa didapatkan seperti info macet, cari lokasi, cari info juga membuat orang ketagihan dan kecanduan.

Berikut ini adalah tanda-tanda seseorang telah kecanduan handphone yang dikumpulkan dari berbagai sumber.
  • Jalan sambil chatting
    Tentu banyak kita melihat orang jalan sambil memandangi handphone nya, baik untuk chatting maupun browsing sampai-sampai dia tersandung, menabrak tempat sampah, atau ada yang tertabrak mobil atau motor.
  • Bawa Smartphone ke kamar mandi
    Baik itu untuk dengar musik, nonton video, chatting, browsing maupun main game. Namun sobat bisa menghabiskan waktu lebih dari setengah jam di dalam kamar mandi jika ditemani dengan smartphone di tangan.
  •  Saat ngumpul dengan teman-teman malah sibuk dengan smartphone
    Tentu sering kita lihat orang yang sedang berkumpul bersama teman atau keluarga namun pikiran dan pandangan nya hanya fokus tertuju pada smartphone yang digenggamnya. Apa yang dibicarakan saat berkumpul serasa tidak penting malah akhirnya tidak mengerti apa yang dibicarakan.
  • Selalu siap kamera untuk foto-foto
    Tidak jelas apakah orang ini fotografer, hobi foto, atau memang selalu ingin eksis di sosial media dengan pamer hasil jepretan foto. Tiap saat mengambil foto, mau makan foto dulu, datang ke suatu tempat foto dulu, ketemu teman foto, ketemu artis foto, bahkan bertemu pengemis bukanya sedekah malah foto dulu untuk diupload ke sosial media sambil bilang, “bersyukur masih diberi kehidupan yang lebih baik“, bukan hanya itu, setelah foto diambil, lalu ada tahap selanjutnya yang tidak kalah menyita waktu yakni mengedit foto tersebut, lalu terakhir nunggu loading untuk upload foto, setelah itu nunggu ada yang komentar, lalu memikirkan balasan komentar. Aduh maaakk benar-benar kecanduan.
  • Saat mata sudah 2 watt, masih cek smartphone
    Hampir semua pemilih smartphone pasti pernah mengalami hal ini, yaitu memandangi layar smartphone meskipun lampu sudah dimatikan, mata sudah 2 watt. Tak peduli semua itu, email masuk pun tetap dibuka, tidak taunya email kerjaan. Duh gagal tidur deh. hehehe...
  • Lupa menaruh smartphone, panik setengah mati
    Entah kerena harga smartphonenya yang mahal, atau karena isi smartphonenya yang berharga, atau alasan apapun, ketika handphone hilang serasa ada sebagian jiwa yang hilang.
  • Bela-belain cari colokan listrik saat baterai sekarat
    Entah itu sedang di terminal, stasiun, bandara, dirumah orang, atau bahkan dirumah tuhan(tempat ibadah), colokan listrik selalu dimanfaatkan untuk mengisi baterai handphone. Duh hidup jadi sibuk sekali karena handphone.
  • Silaturahmi tidak lagi bertemu langsung, namun cukup dengan broadcast message
    Pasti sering mendapatkan pesan berantai yang dikirimkan saat ingin mengucapkan selamat lebaran, meminta maaf, mengirim undangan pernikahan. Hal-hal yang dahulu selalu dilakukan dengan bertatap muka langsung dan berjabat tangan, namun sudah tidak dilakukan lagi karena lebih memilih melakukan dengan smartphone saja, karena waktu yang harusnya untuk bertemu tersebut dihabiskan untuk main game di smartphone, update status sosial media, dll.
Jika sobat melakukan hampir semua kegiatan tersebut, maka bisa jadi sobat termasuk orang yang kecanduan smartphone.

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.