• Translate

8/26/2015

Tips-Tips Cara Mengamankan Aplikasi WhatsApp

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Tips-Tips Cara Mengamankan Aplikasi WhatsApp | Siapa yang tidak menggunakan WhatsApp saat ini, hampir sebagian pengguna smartphone saat ini menggunakan WhatsApp, data Januari 2015 mencatat bahwa pengguna WhatsApp mencapai angka 700 juta pengguna aktif.

dengan begitu banyaknya pengguna WhatsApp yang aktif pasti kita sedikit was-was dengan hal negatif yang bisa ditimbulkan secara tidak disengaja. dengan WhatsApps kita bisa berbagi video, kontak, pesan penting seperti rincian nomor rekening bank di WhatsApp.


Sobat sebagai pengguna WhatsApp harus mengetahui beberapa tips untuk mengamankan chatting pribadi sobat. Berikut adalah beberapa tips untuk mengamankan percakapan WhatsApp sobat.
  1. Mengunci WhatsApp
    WhatApps memang tidak memberikan fitur khusus untuk mengunci, tapi sobat dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang menawarkan fungsi penguncian WhatsApp. Jika sobat kehilangan ponsel atau teman sobat meminjam ponsel, percakapan pribadi sobat dapat terlindungi. Aplikasi seperti Messanger & Chat Lock, Lock for WhatsApp dan Secure Chat adalah beberapa pilihan yang bisa sobat gunakan.

  2. Sembunyikan Foto WhatsApp di Gallery.
    WhatsApp biasanya akan membuat folder tersendiri untuk menampung video dan foto yang dikirim oleh teman sobat. WhatsApp akan membuat folder “WhatsApp Videos” dan “WhatsApp Photos” di gallery. Untuk memblok folder tersebut agar tidak muncul di gallery cukup mudah.

    untuk iPhone, masuk ke menu Settings → Privacy → Photos → Unmark WhatsApp.

    untuk Android, buka aplikasi File Manager yang sobat miliki (sobat bisa cari dan install di PlayStore) → masuk ke folder WhatsApp → Media → WhatsApps Image.
    Lalu buat sebuah file dengan nama ‘.nomedia‘ di dalam folder tersebut(tanda tanda kutip).

    Dengan cara-cara tersebut maka foto dan video yang ada di WhatsApp sobat tidak akan muncul di Gallery.

  3. Matikan Informasi Last Seen
    Di Whatsapp kita bisa mengetahui kapan seseorang terakhir kali online atau membuka aplikasi WhatsApp dengan cara melihat pada informasi Last seen. Dengan status yang tertulis disitu sebenarnya kita bisa mengetahui apakah seseorang sedang online atau offline. Nah untuk sobat yang tidak ingin orang lain mengetahui apakah sobat online atau tidak, atau tidak ingin orang lain tahu kapan terakhir kali sobat online maka sobat bisa menonaktifkan atau menghilangkan informasi Last Seen tersebut,

    caranya :
    Buka WhatsApps → Account → Privacy → Last Seen → “Nobody“.

    Keterangan:
    • Nobody : Semua orang tidak bisa melihat.
    • My Contacts : Hanya yang terdaftar di kontak kita saja yang bisa melihat
    • Nobody : Semua orang tidak bisa melihat.

  4. Sembunyikan Photo Profile
    Selain kita bisa mengatur siapa yang bisa atau tidak bisa melihat Last Seen, kita juga bisa membatasi orang lain untuk tidak melihat foto profile kita, atau kita bisa juga mengatur hanya yang ada di kontak kita yang bisa melihat Foto Profil, yang belum ada di kontak tidak bisa melihat. Untuk itu kita bisa atur di: WhatsApp → Account → Privacy → Profile Photo → “Nobody”

  5. Sembunyikan Status
    Selain Informasi Last Seen dan Foto Profil, kita juga bisa mematikan status agar semua orang bisa lihat, atau hanya orang yang terdaftar di kontak yang bisa lihat atau semua orang tidak bisa melihat. Bisa diatur di: WhatsApps → Account → Privacy → Status → “Nobody”

  6. Hati-Hati Penipuan Melalui WhatsApp
    Sering kali terjadi penipuan melalui WhatsApps, oleh karena itu selalu batasi orang yang sobat perbolehkan untuk mengetahui nomor telp sobat, jangan berikan kepada sembarangan orang.

    Selain itu perlu sobat ketahui agar tidak terjadi penipuan yang mengatas namakan pejabat atau karyawan WhatsApps, bahwa WhatsApp tidak pernah sejauh ini mengirimkan pesan kepada sobat melalui chat, video, audio. Jadi jika sobat menerima dari orang yang mengaku pejabat/karyawan WhatsApp maka dan bisa abaikan saja pesan tersebut.

  7.  Non-Aktifkan Akun WhatsApp
    WhatsApp menawarkan sejumlah langkah keamanan untuk memberikan kontrol lebih besar kepada akun sobat jika perangkat/ponsel sobat tersebut dicuri. Satu akun WhatsApp dapat digunakan hanya pada satu perangkat saja dalam satu waktu. Misal ada kasus ponsel sobat dicuri atau hilang, maka sobat bisa mengunci kartu SIM sobat dengan meminta bantuan provider yang sobat gunakan (yang penting hafal nomornya) lalu meminta kartu SIM baru dengan nomor yang sama sebagai penggantinya. sobat harus mengaktifkan WhatsApp dengan kartu SIM pengganti tersebut pada perangkat sobat yang baru dengan sesegera mungkin. Jika tidak memungkinkan sobat bisa mengunjungi situs WhatsApp dan ikuti prosedur singkat untuk menonaktifkan akun sobat.

  8. Berhati-hati Berkomunikasi di WhatsApp
    Meskipun WhatsApps adalah aplikasi yang sangat baik untuk melakukan sharing kepada teman-teman sobat, namun sobat tetap harus waspada ketika melakukan percakapan, tetap menggunakan akal sehat dalam berkomunikasi di WhatsApp. Jangan pernah mengirimkan informasi sensitif seperti rincian rekening bank, rincian kartu kredit, informasi paspor, password website, password email atau apapun yang bisa merugikan diri sobat.

  9. Blok Akun Pengganggu.
    Jika sobat merasa terganggu dengan orang atau teman sobat yang tidak sobat kehendaki untuk chat, maka sobat bisa memblok dia agar tidak bisa mengirim pesan kepada sobat, tidak bisa melihat foto, last seen maupun status sobat. Caranya buka WhatsApps → Klik Salah Satu Akun (yang ingin sobat blok) → Klik icon/menu pengaturan yang ada di kanan atas → pilih More → Block.

  10. Hapus Percakapan.
    Jika sobat tidak ingin orang lain membaca chattingan sobat, maka sobat bisa menghapus chat sobat, caranya buka WhatsApps → Klik Salah Satu Akun (yang ingin sobat blok) → Klik icon/menu pengaturan yang ada di kanan atas →pilih More → Clear Conversation.

  11. WhatsApps Web.
    WhatsApp baru-baru ini meluncurkan layanan web mereka. Layanan mirroring ini bisa bekerja melalui jaringan WI-FI di browser desktop sobat. Jika sobat lupa log out dari WhatsApp web tersebut, maka ada kesempatan orang lain bisa membuka dan membaca isi chatingan sobat, jadi jangan lupa log out sesudah menggunakan WhatsApp web, apalagi jika sobat menggunakan dikomputer selain komputer pribadi sobat, misal di warnet atau di komputer kantor, atau ditempat-tempat umum lainnya.
Semoga bermamfaat,

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.