• Translate

2/13/2016

Tips Mempercepat Booting Windows 8 dan Windows 8.1

Tutorial Software |

Advertisement

Tips Mempercepat Booting Windows 8 dan Windows 8.1 | Apa anda pernah mengalami booting windows 8 atau windows 8.1 terasa sangat lama? dengan proses booting yang lama ini bisa membuat anda merasa malas untuk menunggu kapan windowsnya muncul. Yang anda inginkan pastinya Disaat Anda menyalakan komputer, Anda ingin segera masuk ke Windows. Bagi Anda pengguna Windows 8 dan Windows 8.1, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa membuat proses booting Anda menjadi lebih cepat. Berikut ini alltutorials berikan 2 cara mempercepat booting di Windows 8 dan Windows 8.1.
  • Aktifkan Fitur Fast Startup
Fitur ini hadir semenjak perilisan Windows 8. Fast Startup bisa digunakan untuk mempercepat proses booting di Windows 8 dan Windows 8.1. Fast Startup adalah Hybrid Boot atau Hybrid Shutdown. Apapun sebutannya, yang pasti fitur ini adalah fitur baru di Windows 8 yang membantu Anda untuk mematikan dan menyalakan komputer dengan jauh lebih cepat. 

Cara kerja Fast Startup bisa diilustrasikan sebagai berikut : Saat dimatikan, Windows 8 menggunakan metode Hybrid Shutdown (hibernate parsial) yang akan menyimpan driver dan kernel session (informasi sistem) di file yang bernama hiberfil.sys. Ketika Anda menyalakan PC lagi, maka Windows 8 menggunakan informasi tersebut untuk melanjutkan sistem yang sebelumnya telah berjalan. Hal ini akan membuat proses startup menjadi 30% – 70% lebih cepat karena membaca informasi sistem di hiberfile memang jauh lebih cepat daripada melakukan booting dari awal. Kalau motherboard Anda dilengkapi dengan UEFI, proses startup bahkan akan jauh lebih cepat lagi.

Untuk menggunakan Fast Startup, buka saja panel search dan cari “Power Options” (tanpa tanda kutip).

Power Options

Ketika jendela Power options sudah terbuka, pilih Choose what the power button does yang berada di bagian sisi kiri.

Choose what the power button does

Kemudian agar dapat mengakses fitur Fast Startup Anda perlu mengklik pada bagian Change settings that are currently unavailable yang terdapat pada bagian atas menu.

Change settings that are currently unavailable

Dengan begitu Anda dapat mengakses fitur Fast Startup, untuk menggunakannya pastikan Anda mencentang pada bagian Turn on fast startup (recommended).

Turn on fast startup (recommended)

Setelah selesai Anda dapat mengklik Save changes, untuk perubahannya.

  • Disable Startup Programs
Aplikasi yang berjalan saat startup (Startup Program) sangat menentukan cepat tidaknya proses booting Windows. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis saat komputer baru saja menyala, akan semakin lambat dan proses bootingnya akan lama. Untuk mengatur aplikasi apa saja yang akan berjalan otomatis saat proses startup. Jika ada yang tidak penting atau tidak Anda gunakan, maka disable saja.

Caranya klik kanan Tombol Start dan pilih Task Manager, setelah itu nagivasi ke tab Startup

Task Manager

Dari situ Anda dapat mengatur aplikasi apa saja yang berjalan ketika startup dengan memilih Enable ataupun disable, serta Anda dapat mengetahui pengaruh aplikasi tersebut besar tidaknya dengan melihat pada bagian kolom Startup Impact.

Nah itulah 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk mempercepat booting Windows 8. Bagi Anda yang ingin melakukan optimasi di Windows 8 / 8.1 secara keseluruhan, dan cara diatas bisa juga anda terapkan pada Sistem Operasi Windows 10.

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.