• Translate

7/11/2016

Apache Tidak Berjalan di Xampp, ini solusinya

Tutorial Software |

Advertisement

Mengatasi Paket Apache Tidak Berjalan di Xampp | Xampp adalah aplikasi komplit yang berisi paket apache, mysql, FileZilla dan lain-lain dan berfungsi untuk menjalankan paket-paket tersebut. Xampp menggunakan port-port pada sistem untuk menjalankan paket-paket tersebut. Bukan hanya Xampp, sebagian aplikasi lain pun menggunakan port-port pada sistem dalam melakukan tugasnya. Maka tidak jarang terjadi bentrok saat satu port berusaha digunakan oleh lebih dari satu aplikasi.

Apache Tidak Berjalan di Xampp, ini solusinya

Saya mengalami masalah saat menjalankan aplikasi Xampp pada hari ini tanggal 11 Juli 2016. Saat menjalankan paket apache, paket tersebut tiba-tiba tidak bisa running. Dengan mengacu pada sebab permasalahan yang saya katakan tadi, yaitu masalah pada portnya, maka saya menyimpulkan bahwa ada aplikasi lain yang menggunakan port yang hendak ingin saya pakai untuk menjalankan paket apache dengan Xampp. Maka saya berfikir untuk menghentikan aplikasi yang menggunakn port tersebut, namun masalahnya saya tidak tahu aplikasi apa. Selanjutnya saya coba mengubah port yang hendak digunakan untuk menjalankan paket apache menggunakan Xampp, dan ternyata bisa.


Apache Tidak Berjalan di Xampp, ini solusinya

Jika Anda mengalami masalah yang sama yaitu tidak bisa menjalankan paket apache di Xampp, Anda bisa menggunakan cara ini untuk mengatasinya. Anda juga bisa sekedar mencoba menggunakan cara ini jika paket selain apache, yaitu mysql, FileZilla dan lain-lain juga tidak mau berjalan.

Nah, Bagaimana Cara Mengatasi Paket Apache Tidak Berjalan di Xampp, silahkan ikuti langkah-langkah dibwah ini :
  • Buka file httpd.conf di folder C:\xampp\apache\conf\ dengan menggunakan aplikasi notepad. Atau tekan tombol Config > Apache (httpd.conf).
  • Port yang digunakan disini adalah port 80. Dengan menggunakan tombol ctrl+F, cari dan ubah setiap angka 80 yang ada di dalam file httpd.conf menjadi angka berapa pun yang Anda mau. Namun sebaiknya mencoba angka secara berurutan yaitu dimulai dari 81 dan seterusnya.
  • Jika sudah silakan simpan file httpd.conf
  • Selanjutnya, buka file httpd-ssl.conf di C:\xampp\apache\conf\extra\ dengan menggunakan notepad. Atau tekan tombol Config > Apache (httpd-ssl.conf)
  • Port yang digunakan disini adalah port 443.Dengan menggunakan tombol ctrl+F, cari dan ubah setiap angka 443 yang ada di dalam file httpd-ssl.conf menjadi angka berapa pun yang Anda mau. Namun sebaiknya mencoba angka secara berurutan yaitu dimulai dari 444 dan seterusnya.
  • Jika sudah silakan simpan file httpd-ssl.conf
  • Pertama Anda ubah angka 80 dan 443 pada file httpd.conf dan httpd-ssl.conf dengan angka 81 dan 444. Jika masih belum bisa, coba Anda ubah salah satunya saja, hanya angka 80 pada file httpd.conf atau hanya angka 443 pada file httpd-ssl.conf saja yang diubah.
  • Jika dengan angka 81 dan angka 444 masih belum berhasil, coba Anda gunakan angka lainya. Seperti 82,83,84 dan 445,446,447 dan seterusnya, coba secara berurutan.
  • Jika Anda sudah mengubah port paket apache di Xampp, silakan coba start paket Apache tersebut.
Jika ketika di-start tulisan Apache menjadi berlatar hijau, maka paket tersebut berhasil running. Coba perhatikan bagian port. Ketika saya ubah angka 80 pada file httpd.conf dengan angka 81, dan mengubah angka 443 pada file httpd-ssl.conf dengan 444, paket Apache masih tidak berjalan. Saya terus melakukan percobaan, hingga akhirnya saya hanya mengubah angka 443 pada file httpd-ssl.conf dengan 444, dan hasilnya work.

Mungkin Anda bisa saja mengalami perbedaan dalam mengatasi masalah ini. Namun semoga dengan tutorial yang saya buat ini, Anda bisa Mengatasi Paket Apache Tidak Berjalan di Xampp.

Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.