• Translate

6/24/2014

Landasan Teori Lanjutan 2 : Mobile Commerce / WAP

Tutorial WAP |

Advertisement

Landasan Teori Lanjutan 2 : Mobile Commerce / WAP
 
2.4      Mobile Commerce / Wireless Application Protokol (WAP)
Sampai saat ini, teknologi internet semakin popular untuk digunakan, sebagian pengguna berharap dapat melakukan akses internet tanpa melalui kabel, yang diistilahkan sebagai Wireless Internet Access. Salah satu solusi yang ada saat ini adalah dengan menggunakan notebook dan menghubungkan dengan sebuah modem dan telepon selular untuk mengakses internet.

Perkembangan teknologi khususnya teknologi internet, saat ini telah memungkinkan pengguna mengakses internet tanpa melalui kabel atau wireless internet access dan menggantinya dengan wireless device. Dengan dukungan teknologi ini, pengguna  dapat mengakses internet dan aplikasi-aplikasinya melalui wireless device, misalnya telepon selular atau dengan Personal Data Assistance.

Ada beberapa perbedaan antara mengakses internet dengan cara yang digunakan oleh wireless internet access, selain perbedaan alat yang digunakan, mengakses internet umumnya menggunakan komputer sedangkan wireless internet access menggunakan wireless device. Wireless device seperti telepon selular memiliki keterbatasan dibandingkan dengan komputer, antara lain.
a.    Keterbatasan power supply (baterai).
b.    Layar tampilan berukuran kecil.
c.    Cara memasukkan data yang berbeda yaitu menggunakan tombol pada telepon selular.
d.    Kemampuan penerimaan data yang relatif kecil antara 3 kbps sampai dengan 9,6 kbps.

Jaringan wireless internet access juga berbeda dengan jaringan internet pada umumnya. Perbedaan tersebut meliputi, bandwidth pada jaringan telepon selular sangat rendah yaitu sekitar 9,6 kbps, koneksi yang kurang stabil, ketebatasan layanan tidak dapat diperkiraan, karena tergantung luasnya jaringan yang dimiliki.

Dengan adanya beberapa keterbatasan tersebut, menimbulkan kesulitan untuk melakukan akses internet secara langsung melalui jaringan wireless dan wireless device, terlebih dengan kondisi situs-situs internet saat ini yang banyak menggukan gambar dan animasi grafik yang menggunakan bandwidth yang cukup besar untuk mengaksesnya, sehingga koneksi intenet melalui wireless internet access menjadi sangat lambat. Berkaitan dengan masalah tersebut, diperlukan suatu standar baru untuk pengaksesan internet melalui wireless internet access dan wireless device sesuai dengan karakteristik dari jaringan wireless dan wireless device.

WAP menjembatani perbedaan antara wireless device dan jaringan wireless dengan dunia internet, serta menjadi standar baru dalam penggunaan wireless internet access yang memungkinkan melakukan akses internet melalui wireless device. Definisi WAP sendiri menurut WAP Forum dalam artikel Wireless Application Protokol White Paper dan Wireless Internet Today, Juni 2000, dialamat http://www.wapforum.org adalah suatu protokol aplikasi nirkabel yang menjadi standar dunia dan dapat digunakan dalam mengakses internet melalui telepon selular maupun wireless device lainnya.

WAP dikembangkan dan dikendalikan oleh WAP Forum, suatu organisasi yang didirikan oleh beberapa perusahaan telepon selular dunia, seperti Nokia, Ericsson, Motorola , dan Phone.Com  pada bulan Juni 1997.

WAP membawa informasi secara on-line melalui internet, seperti mobile banking, e-mail, dan masih banyak lagi yang disediakan oleh provider informasi secara langsung menuju telepon selular. Informasi yang tadinya harus diakses melalui personal computer (PC) akan dapat diakses melalui telepon selular. Cara kerja WAP hampir sama dengan cara kerja internet saat ini. Walaupun WAP mempunyai bahasa pemograman sendiri, yaitu Wireless Markup Language (WML), hal tersebut tidak membuat perubahan dengan internet saat ini. Seperti halnya menampilkan internet dalam web browser, maka dibutuhkan juga WAP browser untuk menampilkan aplikasi WAP. Istilah  yang digunakan untuk WAP browser di dalam ketentuan telepon selular adalah micro browser

Untuk mengakses suatu situs di internet, user harus mengetikkan terlebih dahulu Unit Resources Locations (URL) atau alamat situs tersebut berada. Demikian juga dilakukan hal yang sama untuk mengakses WAP site di telepon selular. WAP berbagi sistem operasi termasuk PalmOS, EPOC, Windows, FLEXOS, OS/9, JavaOS, dan sebagainya.


2.4.1    Komponen Arsitektur WAP
Protokol dapat didefinisikan sebagai cara atau aturan yang dibuktikan untuk melakukan komunikasi antara satu peralatan jaringan (bisa berupa komputer, switch, hub, dan sebagainya) dengan peralatan jaringan lainya. Setiap protokol yang dibuat untuk aplikasi jaringan biasanya mengikuti standar untuk mendesainnya. Desain atau protokol tersebut dinamakan arsitektur protokol yang ditetapkan secara international oleh ISO (International Standard Organization). Arsitektur tersebut dinamakan Open Sytem Reference Standard Architecture OSI Reference Model).

Arsitektur dari WAP ini tidak jauh berbeda dengan konsep protokol jaringan yang terdiri atas tujuh layer yang berfungsi untuk mendefinisikan tahapan-tahapan dalam desain protokol.
Komponen arsitektur WAP sesuai dengan artikel di alamat http://www.gsmworld.com/technology/yes2wap.htmls1 dapat digambarkan sebagai berikut ini.

Gambar 2.2 Komponen Arsitektur WAP
Tahapan-tahapan dalam arsitektur dari WAP itu sendiri terdiri atas.

1. Wireless Application Environment (WAE)
WAE mempunyai fungsi dasar untuk menggabungkan World Wide Web (WWW) dengan teknologi telepon selular. Objek pokok yang diterapkan oleh operator dan penyedia layanan untuk membangun aplikasi dan layanan dapat dijalankan melalui wireless splatform yang berbeda sehingga menghasilkan efisiensi dan data yang berguna.

WAE ini berisi micro browser yang berfungsi sebagai.
  • Pendukung Wireless Markup Language (WML), bahasa yang hampir sama dengan HTML, tapi dikhususukan untuk mobile terminals.
  • Pendukung WMLScript, hampir sama dengan JavaScript.
  • Pendukung antarmuka pemograman dan layanan yang dapat berupa format data, gambar, informasi kalender, dan phone book.
2. Wireless Session Protokol (WSP)
WSP berfungsi sebagai pembuka atau mengakhiri suatu koneksi jaringan yang terdiri atas dua sesi. Pertama adalah orientasi koneksi, yaitu koneksi yang mengkhususkan untuk berinteraksi dengan operasi yang terjadi pada Transaction Layer (WTP). Kedua adalah koneksi yang berhubungan dengan keamanan data, yaitu Wireless Datagram Protokol (WDP).

3. Wireless Transaction Protokol (WTP)
WTP ini berfungsi memeriksa format data, konversi data dan atau pengkodean yang ditransmisikan, misalnya memeriksa kebenaran data, memeriksa nomor pesan yang dikirim dan sebagainya.

4. Wireless Transport Layer Security (WTLS)
WTLS adalah protokol untuk keamanan data yang disesuaikan oleh standar industri Transport Layer Security (TLS) yang mendukung Server Sockets Layer (SSL). WTLS ini ditujukan pada pengguna aplikasi WAP yang terdiri atas beberapa bagian, yaitu menyangkut kebenaran isi pesan, kerahasiaan data, kebenaran jati diri seseorang serta pemeriksaan dan pembuktian pengamanan data yang benar.

5. Wireless Datagram Protokol (WDP)
WDP bertugas mentransmisikan data dalam format biner melaui media gateway.

6. Wireless Bearers
Wireless Bearers adalah frekwensi atas gelombang yang digunakan untuk mentransmisikan WAP.

7. Aplikasi Pendukung
Selain dari tahapan-tahapan diatas, aplikasi pendukung lainnya merupakan program aplikasi jaringan seperti e-mail, e-commerce, m-commerce, dan sebagainya.

Bersambung ke bagian 2.4.2    Model WAP , ditunggu ya :D

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box