• Translate

6/19/2014

Pengertian Dan Fungsi Keyboard Serta Mouse

Tutorial Hardware |

Advertisement

Pengertian Dan Fungsi Keyboard Serta Mouse | Keyboard adalah alat input dan merupakan salah satu perangkat keras komputer yang memiliki macam-macam tombol yang memiliki fungsi yang berbeda tergantung pada penekanannya yang dapat menghasilkan proses sesuai dengan kemauan kita.

Berdasarkan Pengertian Keyboard diatas kita mengetahui fungsi keyboard adalah fungsi yang sangat penting yang ada pada komputer, karena tanpanya input input perintah fital pada komputer tidak akan bisa dilaksanakan.

sekarang keyboard yang paling banyak digunakan adalah keyboard QWERTY yang sudah memiliki standar tertentu. Keyboard QWERTY mempunyai tombol atau papan ketik sebanyak 101 huruf dan biasanya memiliki susunan seperti berikut:
1. Alphanumeric Key
2. Numerik Keypad
3. Function Key
4. Modifier Key
5. Cursor Movement Key. 

Beberapa Fungsi Keyboard :

Struktur Keyboard
  1. Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketiknya yaitu keyboard dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan sperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di monitor pc kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada dikomputer.
  2. Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrolnya yaitu keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol ctrl digabungkan dengan E maka dapat membuka jendela explorer.
  3. Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsinya yaitu keyboard pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan f2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari f1-f12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
  4. fungsi keyboard berdasarkan tombol alternatenya yaitu keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan alt fungsi dari tombol tombol itu sangat berguna pada dokument dan pengoprasian komputer.
  5. fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasinya yaitu pada keyboard terdapat tombol Page Down yang fungsinya untuk menurunkan layar ke bawah. selanjutnya tombol Page Up yang fungsinya untuk menaikkan layar ke atas. selanjutnya tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimatm, selanjutnya tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat.dan tombol navigasi yaitu tumbol panah atas untuk ke atas,tombol panah bawah untuk kebawah,selanjutnya tombol panah kiri ke kiri, kemudian panah kanan ke kanan dan masih banyak fungsi lainnya.

► Pengertian Mouse
Mouse adalah hardware yang dihubungkan ke komputer baik wire (kabel) atau secara wireless (tanpa kabel). Perangkat ini dinamakan mouse karena pada waktu itu piranti ini berbentuk seperti tikus. Disamping itu, kabel yang tersambung dengan mouse yang terhubung dengan komputer bentuknya seperti ekor tikus.
Dan Sebagai tambahan referensi untuk menambah pengetahuan kita, komputer yang pertama kali dijual satu paket dengan mouse adalah komputer jenis Xerox Star yang luncur pada tahun 1981.
Meskipun pada saat ini perangkat keras mouse sudah banyak digantikan dengan touchpad yang mengambil alih semua fungsi dari perangkat mouse sudah bisa dilakukan oleh touchpad , namun tidak dapat dipungkira para pengguna komputer masih tetap memilih mouse sebagai penggerak dari kursornya.

Beberapa Fungsi Mouse :
mouse
  1. Menginput perintah untuk komputer dimana cara kerja mouse adalah dengan cara mouse digeserkan pada permukaan data yang datar.
  2. Digunakan sebagai penggerak pointer untuk menentukan kursor ke layar monitor tertentu.
  3. Digunakan untuk beberapa kegiatan seperti: double klik (membuka file), klik tahan dan geser ,klik (memilih item), drag drop (memindahkan item) dan klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah.
  4. Digunakan untuk melakukan scrolling pada layar dengan menggunakan roda scroll yang ada pada mouse.
  5. Mendeteksi beberapa gerakan 2D secara relatif ke posisinya yang sekarang.
  6. Membuat pekerjaan kita menjadi lebih ringan,mudah dan cepat. khususnya untuk kita yang mempunyai aktifitas seperti mengedit foto dan lain lain.
  7. Digunakan untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.
  8. Mengaktifkan tombol perintah dan melakukan suatu ekskusi tertentu pada aplikasi
  9. Digunakan Untuk melakukan perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse jika diklik 2x berfungsi sebagai tombol enter pada perintah eksekusi
  10. Mouse juga digunakan sebagai pengaturan & perbesaran tampilan sebuah objek
  11. Mouse juga digunakan untuk melakukan intruksi dan konversi ke sinyal elektronik yang dapat dimengerti oleh sistem komputer
Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Dan Fungsi Keyboard Serta Mouse, semoga bermamfaat.

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box