• Translate

7/07/2014

Landasan Teori Lanjutan Akhir : PHP Dan WAP

Tutorial WAP |

Advertisement

Landasan Teori Lanjutan Akhir : PHP Dan WAP
 
2.5    PHP HyperText PrePrecessor (PHP)
PHP (atau bahasa resminya PHP : HyperText PrePrecessor) merupakan bahasa scripting yang menyatu dengan tag-tag HTML yang bersifat server-side (pengerjaan skrip akan dilakukan di server, yang hasilnya akan dikirimkan ke browser) yang secara khusus dirancang untuk pembentukan web dinamis seperti halnya Active Server Pages (ASP) atau Java Server Pages (JSP). PHP sendiri merupakan singkatan dari Personal Home Page Tools.

Web dinamis adalah suatu web dimana data yang ada di dalamnya dapat berubah atau dapat di update sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhannya. Ciri dari web dinamis adalah dapat berinteraksi dengan pengguna layanan atau pengunjung. Informasi yang ditampilkan berasal dari basis data yang tersimpan di dalam web server. PHP merupakan suatu maintence untuk membuat suatu situs web dengan mudah.

Keunggulan dari sifat PHP yang server-side antara lain adalah.
  1. Tidak diperlukan kontabilitas browser atau harus menggunakan browser tertentu, karena serverlah yang akan mengerjakan skrip PHP. Hasilnya yang dikirimkan kembali ke browser umumnya bersifat teks atau gambar, sehingga pasti akan dikenal oleh browser manapun.
  2. Dapat memanfaatkan sumber-sumber aplikasi yang dimiliki oleh server, misalkan koneksi ke database.
  3. Skrip PHP tidak dapat “dilihat” dengan menggunakan fasilitas view HTML source.

2.6    PHP dan WAP
Komunikasi antara web server dengan perangkat WAP pada prinsipnya sama dengan hubungan antara web server dengan browser berbasis PC, hanya saja dalam hal ini terdapat satu tahan tambahan yang dibutuhkan, yaitu tahapan dimana transfer informasi oleh WAP gateway. WAP gateway bertindak sebagai perantara antara browser nirkabel dengan server tempat informasi berada. 
Proses komunikasi antara browser nirkabel dengan web server dapat diperlihatkan seperti gambar berikut.

Proses Komunikasi Browser Nirkabel Dengan Web Server
Gambar 2.7  Proses Komunikasi Browser Nirkabel Dengan Web Server

Dalam pengembangan aplikasi WAP, aplikasi WML merupakan aplikasi yang lebih user interface sedangkan aplikasi WMLScript menambahkan sisi logika dan prosedural dengan functionnya kepada WML. Karena WMLScript berjalan pada sisi client, maka sangat berguna untuk perhitungan atau manipulasi sederhana, seperti konversi mata uang, dan sebagainya.

Pengembangan aplikasi WAP dengan PHP memungkinkan terbentuknya aplikasi seperti database, mail server, pengiriman pesan, dan lain-lain. Agar script PHP dapat didukung oleh perangkat WAP, script ini harus menghasilkan output header WML kepada client. Oleh karena itu, setiap dokumen WML yang berisi kode PHP harus menyertakan baris-baris berikut yang ditempatkan pada awal deck:

<?php
//mengirim header
header(“Content-type: text/vnd.wap.wml”);
echo(“<?xml version=\"1.0\"?>”);
echo(“<!DOCTYPE wml PUBLIC\ "-//WAPFORUM//DTD WML 1.1//EN\"\"http://www.wapforum.org/DTD/wml_1.1.xml\">”);
    ?>

Deklarasi tersebut diperlukan karena PHP secara default mengirim baris Content-type: text/html.

2.7    World Wide Web (WWW)
Secara sederhana World Wide Web adalah sekumpulan komputer yang menyediakan berbagai layanan informasi (disebut server) dan didalamnya terdapat sekumpulan komputer yang terintegrasi satu sama lainnya dengan menggunakan jaringan telekomunikasi yang rumit sehingga mereka dapat berkomunikasi dengan cepat. Dalam World Wide Web dikenal istilah client-server, yaitu merupakan hubungan komunikasi yang dibangun antara web site dengan sebagai sumber informasi dan client sebagai pengguna komputer.

World Wide Web (WWW) merupakan layanan yang relatif baru di dalam internet, dalam WWW ini memungkinkan untuk membuat halaman web yang yang terdiri dari teks, suara, gambar, animasi ataupun gambar video sekalipun. Di dalam WWW terdapat suatu set aplikasi komunikasi dan sistem perangkat lunak yang memiliki karakteristik sebagai berikut.
  1. Umumnya terletak pada internet host dan client.
  2. Umumnya menggunakan protokol TCP/IP.
  3.  Mengerti HTML.
  4. Mengikuti model client-server untuk komunikasi data dua arah.
  5. Memungkinkan client untuk mengakses server dengan berbagai protokol seperti HTTP, FTP, Telnet dan Gopher.
  6. Memungkinkan client untuk mengakses informasi dalam berbagai media, seperti teks, audio, dan video.
  7. Menggunakan model alamat Uniform Resource Location (URL).

2.8    Hypertext Transfer Protokol (HTTP)
Hypertext Transfer Protokol (HTTP) merupakan protokol yang berguna untuk mengirim data dari web server ke web browser. Protokol ini mengirim dokumen-dokumen web yang ditulis atau berformat HTM. Contoh tampilan atau tulisan http pada saat sedang menjelajahi internet, yaitu sebagai berikut.
http://adsteuku.blogspot.com
Dengan tulisan tersebut http akan langsung mengirim alamat web ke dalam web browser untuk menampilkan script-script yang ada dalam web tersebut. Sehingga surfer yang menulis alamat tersebut dengan sendirinya akan melihat informasi-informasi yang ditampilkan oleh web yang ditulis alamatnya.


Akhirnya selesai juga saya uraikan sambungan dari Landasan Teori Lanjutan 4 : Struktur WML, InsyaAllah kedepan akan kita bahas lebih jauh lagi mengenai Metodelogi Penelitian Tentang Aplikasi Mobile Commerce Reservasi Tiket Pesawat Berbasis WAP.

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.