• Translate

7/17/2014

METODELOGI PENELITIAAN

Tutorial WAP |

Advertisement

METODELOGI PENELITIAAN yang akan di lakukan ini secara umum adalah sebagai berikut:

3.1    Tahap Studi Literatur
Pada tahap ini akan dilakukan pengumpulan data-data dengan mempelajari buku-buku dan mengakses informasi dari internet yang berhubungan dengan perancangan dan pembuatan aplikasi reservasi tiket pesawat berbasis wap.

3.2    Tahap Analisa
Pada bagian ini akan dilakukan penganalisaan masalah yang terjadi di travel agent, yaitu bagaimana cara memesan tiket di beberapa travel agent yang ada di Lhokseumawe atau di tempat lain.

Dalam tahapan analisa ada tahapan mengenai analisa kebutuhan system (system requirement) yang bertujuan untuk membangun sistem yang akan dibuat diperlukan perangkat keras komputer maupun perangkat lunak komputer. Dalam penelitian ini perangkat keras yang digunakan memiliki dukungan atau kemampuan yang cukup baik, seperti:
1.    Procecor intel core 2 duo 2.0 GHz.
2.    Memori 256 Mb atau lebih
3.    Hardisk 40 Gb
4.    Monitor
5.    Mouse
6.    Keyboard
7.    Semua jenis handphone yang mendukung wap 1.0 atau lebih, gprs, dan sudah terkoneksi internet wap dengan provider.
Sedangkan untuk perangkat lunak yang digunakan antara lain:
1.    Sistem Operasi Windows
2.    Wap Emulator sebagai alat tes program wap dari Layar Komputer
3.    PHP Triad 2.2.1
4.    MySQL
5.    Rational Rose untuk perancangan program yang akan dibuat.
6.    Browser Opera atau Mozilla sebagai interface Administrator.

3.3    Tahap Rancangan
Pada bagian ini membahas tentang Perancangan Aplikasi mobile commerce yang  akan dibuat, perancangan dilakukan setelah kita mengetahui semua kebutuhan sistem. Dalam perancangan ini, bahasa pemodelan yang digunakan adalah UML (Unified Modeling Language) dengan software StarUML. Untuk lebih jelasnya dibagi atas 5 (lima) model diagram UML, yaitu : usecase diagram, component diagram, aktivity diagram, state aktivity dan class diagram.

a. Usecase Diagram
Use-case merupakan dokumen naratif yang mendeskripsikan kasus-kasus atau kejadian-kejadian daripada aktor dalam menggunakan Aplikasi mobile commerce pemesanan tiket dalam menyelesaikan sebuah proses. Use case diagram terdiri dari sebuah aktor dan interaksi yang dilakukannya, aktor tersebut dapat berupa manusia, perangkat keras, sistem lain, ataupun yang berinteraksi dengan sistem. Berikut ini adalah gambar yang menjelaskan aplikasi pemesanan tiket pesawat dari sisi administrator dalam model use-case diagram :

Gambar 3.1 Use Case Diagram dari sisi Administrator
Gambar 3.1 Use Case Diagram dari sisi Administrator

b. Komponen Diagram
Diagram Component merupakan diagram yang menjelaskan tentang hubungan setiap komponen-komponen yang ada dengan Aplikasi Pemesanan Tiket pesawat berbasis WAP, adapun hubungan antar entitas tersebut dapat digambarkan sebagai berikut :

Gambar 3.2  Diagram Component
Gambar 3.2  Diagram Component

c. Aktivity Diagram
Diagram Activity adalah diagram menggambarkan tentang aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh setiap actor pada Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat berbasis WAP, aktifitas-aktifitas yang dilakukan diuraikan dalam blok-blok yang menjelaskan secara rinci setiap aktifitas yang dilakukan oleh setiap actor. Diagram  aktifity juga dapat menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Berikut digambarkan bagaimana kegiatan tambah data pesawat oleh admin berlangsung.

Gambar 3.3  Diagram Aktivity input data pesawat
Gambar 3.3  Diagram Aktivity input data pesawat

d. Activity State 
Activity State Diagram  merupakan diagram yang menggambarkan alur kerja dari sistem dan diagram ini merupakan suatu diagram dinamis yang menunjukkan aktivitas beserta kejadian yang menyebabkan suatu objek berada dalam state tertentu.  Diagram ini lebih menggambarkan transisi-transisi dan aktivitas-aktivitas yang menyebabkan perubahan pada states objek.  Simbol lingkaran berisi warna hitam menandakan awal state sedangkan simbol lingkaran berisi warna hitam yang dilingkari oleh lingkaran bergaris hitam menandakan akhir state. Sama seperti actifity diagram, Penguraian aktfitas dipecah dalam beberapa modul sesuai dengan fasilitas yang disediakan untuk setiap actor.berikut ini state activity pada proses input data pesawat

Diagram Activity State pemesanan tiket pesawat
Gambar 3.4 Diagram Activity State pemesanan tiket pesawat

e. Class Diagram
Class Diagram digunakan untuk melakukan visualisasi struktur kelas-kelas dari suatu sistem dan merupakan tipe diagram yang paling banyak digunakan. Diagram kelas juga dapat memperlihatkan hubungan antar kelas dan penjelesan detail tiap-tiap kelas didalam model desain (logical view) dari suatu sistem.
Berikut ini akan dijelaskan Diagram Class yang digunakan untuk melakukan visualisasi struktur kelas-kelas yang terdapat dalam aplikasi pemesanan tiket pesawat berbasis WAP.

Gambar 3.5  Main Class Diagram Semua Modul
Gambar 3.5  Main Class Diagram Semua Modul


3.4.    Implementasi dan Pembahasan
Implementasi merupakan tahap dimana sistem siap dioperasikan pada tahapan yang sebenarnya, sehingga akan diketahui apakah sistem yang telah dibuat dengan benar sesuai dengan yang direncanakan. Pada implementasi perangkat lunak ini akan dijelaskan bagaimana program sistem ini bekerja, dengan memberikan tampilan halaman-halaman yang dibuat dan sedikit pembahasan terhadap kode pemrogramannya.

3.5.    Menyusun Laporan
Langkah terakhir dari penelitian ini adalah membuat laporan, Laporan ini berisi hal-hal yang dikerjakan selama melakukan penelitian dan hasil-hasil yang didapatkan ketika melakukan penelitian. Dalam penulisannya, format  yang digunakan adalah berdasarkan format yang telah ditetapkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Malikussaleh.

3.6.   Kesimpulan Dan Saran
Berisikan tentang kesimpulan yang diperoleh dari penelitian serta beberapa saran yang dapat digunakan oleh pihak yang berkepentingan maupun untuk penelitian lebih lanjut

sekian dulu metode penelitian yang akan kita bahas nantinya.. ditunggu ya  ^_^

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box