• Translate

10/31/2014

Pemahaman dan Pengertian Jaringan Komputer

Tutorial Network |

Advertisement

Komunikasi antar komputer pada saat ini sudah tidak mengenal batas-batas geografi, artinya dengan komputer yang kita miliki, kita dapat mengakses dan mencari data di seluruh dunia. Kita tidak perlu lagi meninggalkan meja kerja kita untuk mencari suatu informasi dari benua lain. Kita cukup menyalakan komputer kemudian mengkoneksikan ke internet dan semua informasi yang kita inginkan sudah tersaji di layar monitor.

Bagaimana hal ini dapat terjadi? Semua ini dapat terjadi dikarenakan adanya teknologi jaringan komputer. Jaringan komputer merupakan sebuah teknologi komputer yang sudah cukup lama dan senantiasa berkembang sehingga dengan jaringan komputer jarak dan batas territorial suatu negara, benua seakan-akan tidak ada.

Pada siang ini, kita akan mempelajari mengenai dasar-dasar jaringan komputer, hardware dan software jaringan komputer, dll. agar lebih mudah dalam mengikuti artikel ini akan saya beri penomoran pada setiap artikel aringan komputer yang saya postingkan.

1.1 Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan Komputer adalah kumpulan dua atau lebih komputer yang saling berhubungan satu sama lain untuk melakukan komunikasi data dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi (kabel atau nirkabel), sehingga komputer-komputer tersebut dapat saling berbagi informasi, data, program-program, dan penggunaan perangkat keras secara bersama. Dalam hal ini komunikasi data yang bisa dilakukan melalui jaringan komputer dapat berupa data teks, gambar, video dan suara. Berikut adalah contoh jaringan komputer yang paling sederhana:

Gambar 1-1: Jaringan komputer sederhana
Gambar 1-1: Jaringan komputer sederhana
      Beberapa manfaat dan tujuan dibangunnya jaringan komputer adalah:
•    Sharing Resource
Resource sharing bertujuan agar seluruh program, peralatan, dan khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai. Contohnya adalah pemakaian printer secara bersama-sama (printer sharing).
•    Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna yang jaraknya saling berjauhan. Komunikasi ini dapat mengirimkan informasi dalam bentuk gambar, suara, text yang sering disebut dengan teleconference atau suara saja (VOIP)
•    Integrasi data
Dengan jaringan komputer proses pengolahan data tidak hams dilakukan pada satu komputer saja, tetapi dapat dilakukan di komputer-komputer yang lain. Oleh karena itu akan dapat terbentuk data yang terintegrasi sehingga memudahkan pemakai untuk memperoleh dan mengolah informasi setiap saat. Contohnya adalah program database yang bersifat client-server.
•    Hiburan  
Jaringan komputer dapat memberikan sarana hiburan bagi
manusia.
Contohnya adalah chatting, game online.dll
•    Efisien (hemat) waktu, tenaga dan Informasi yang terkini.
Jaringan komputer yang dapat mengintegrasikan data, komunikasi pengguna jarak jauh, berbagi data, tentunya akan dapat menghemat waktu dalam pencarian data dan data yang dihasilkan adalah data terkini. Dalam membangun sebuah jaringan komputer ada beberapa hal yang hams diperhatikan dan dipertimbangkan antara lain meliputi: struktur bangunan, jangkauan area jaringan, kecepatan akses, biaya operasional, pemeliharaan, hardware dan software yang digunakan dan sebagainya.

1.2 Interkoneksi Antar Node/Komputer
Interkoneksi antar node/Komputer adalah sistem koneksi/ hubungan antar komputer satu dengan komputer lainnya. Model Interkoneksi antar node/komputer di bedakan menjadi dua bagian yaitu:
•    Interkoneksi point to point
Interkoneksi komputer yang dilakukan secara langsung antara dua komputer (node), seperti hatnya pada gambar 1-1.
•    Interkoneksi multipoint
Interkoneksi yang dilakukan dengan banyak komputer dengan pemakaian secara bersamaan (teknik share).

Gambar 1-2: Interkoneksi multi point
Gambar 1-2: Interkoneksi multi point

Sekian dulu artikel mengenai Pemahaman Jaringan Komputer hari ini, nanti kita sambung lagi ya. salam sobat blogger :-)

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box