• Translate

11/07/2014

Hardware dan Software Untuk Membangun Infrastruktur Jaringan Komputer

Tutorial Network |

Advertisement

Hardware untuk membangun infrastruktur jaringan komputer dibedakan menjadi 2 yaitu dengan Media Kabel dan Nirkabel (wireless)

A.    Infrastruktur jaringan LAN dengan media transmisi  Kabel
Ada beberapa komponen yang hams disediakan jika hendak membangun jaringan LAN dengan media kabel, antara lain:

1.    Ethernet Card (NIC)
Merupakan interface komunikasi data dalam sistem jaringan komputer, interface ini mempunyai kecepatan rate data 10/10 Mbps atau 10/100 Mbps dan model terbaru 100/1000 Mbps. Media transmisi data antar komputer bisa menggunakan kabel UTP cat 5, Coaxial RG 8, fiber optic. Berikut contoh bentuk fisik ethernet card:

Gambar 2-6: Ethernet Card
Gambar 2.6 Ethernet Card

 2.    Kabel UTP Cat 5
Kabel ini penggunaan dalam sistem jaringan dengan panjang max 100 meter, jika lebih harus dipasang repeater (penguat signal data) bam bisa disambung kabel UTP lagi. Contoh: Kabel UTP merk Belden.

Gambar 2.7 UTP dengan konektor RJ 45
Gambar 2.7 UTP dengan konektor RJ 45

Pengurutan kabel UTP dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu berdasarkan hubungan crossover dan hubungan straight.
- Hubungan Crossover adalah hubungan Pc - Pc, Hub -Hub, Switch - Switch, Router - Router, pengurutan dapat dilihat dibawah ini.
  • Hubungan dan Urutan Kabel Crossover Standar Microsoft
Hubungan dan Urutan Kabel Crossover Standar Microsoft

Hubungan Straight adalah Pc - Hub, Pc - Switch, Switch - Router, Pc - Access Point. Pengurutan dapat dilihat dibawah ini.
  • Hubungan dan Urutan Kabel Straight Standar Microsoft
Hubungan dan Urutan Kabel Straight Standar Microsoft

Dari gambar diatas bisa menjelaskan hubungan tiap node dan pengurutan kabel UTP, maka langkah berikutnya adalah dilakukan instalasi kabel UTP. 
Langkah-langkah instalasi adalah sebagai berikut:
  1. Pengurutan kabel
  2. Memasukkan kabel ke konektor RJ 45 
  3. Menguatkan (clipping) agar kabel tidak lepas dari konektor 
  4. Melakukan test dengan alat tester RJ 45
Langkah instalasi UTP dengan konektor RJ 45
Langkah instalasi UTP dengan konektor RJ 45
"  Penjelasan Gambar diatas :   "
1. Pengurutan Kabel
Pengurutan kabel telah dijelaskan pada tabel 2 dan 3. Yang hams diperhatikan adalah hubungan tiap node dan pengurutan kabel untuk setiap pinnya.

2. Memasukkan kabel ke konektor RJ 45
Setelah urutan kabel sesuai dengan nomor pin, maka kabel dapat dimasukkan ke dalam RJ 45

3. Menguatkan (clipping) agar kabel tidak lepas dari konektor Clipping dilakukan agar kabel yang telah dimasukkan ke RJ 45 tersebut tidak lepas lagi. Yang harus diperhatikan adalah harus dilakukan dengan kuat agar kabel dapat menyatu dengan pin-pin RJ 45 sehingga terjadi tegangan antara kabel dan pin RJ 45. Dengan adanya tegangan ini, maka kabel dapat dipakai sebagai media transmisi.

4. Melakukan Test dengan tester RJ 45
Langkah ini merupakan langkah terakhir yang harus dilakukan, dan pada langkah ini akan diketahui apakah kabel yang telah dimasukkan ke RJ 45 dapat digunakan sebagai media transmisi. Ujung-ujung kabel yang telah dimasukkan ke konektor, dimasukkan ke dalam lubang konektor yang ada di tester Rj 45 kemudian tester RJ 45 akan memberikan signal berupa lampu hijau. Di sebelah lampu hijau ini terdapat angka 1 sampai dengan 8 yang memberi arti bahwa bila lampu hijau nyala berarti hubungan kabel dengan pin RJ 45 tidak bermasalah. Sebagai contoh adalah, bila lampu hijau no 2 menyala berarti urutan kabel no 2 tidak bermasalah. Demikian seterusnya dengan kabel 1,3,4,5,6,7,8. Terkadang ada lampu hijau yang tidak menyala, hal ini dikarenakan karena proses Clipping yang tidak kuat. Pada tabel 2-4, penulis memberikan pin-pin yang dianggap penting sebagai pengirim data. Lampu pin-pin ini harus hidup/menyala pada saat dilakukan pengetesan.

Fungsi Pin pada konektor Rj 45
Fungsi Pin pada konektor Rj 45
Pada tabel diatas terlihat bahwa pada pin no 1 dan 2 berfungsi sebagai penerima (recieving(RX)), pin 3 dan 6 berfungsi sebagai pengirim (transferring(TX)), pin no 4,5,7,8 tidak memiliki fungsi/ground (NC artinya Not Connecting). Jadi setelah mengetahui fungsi tiap pin pada RJ 45 maka lampu hijau pada tester RJ 45 untuk no pin 1,2,3,6 hams menyala. Sedangkan no pin no 4,5,7,8 lampu hijau diperbolehkan tidak menyala, tetapi sebaiknya seluruh no pin pada tester RJ 45 menyala semua.


3.      Hub/Concentrator atau Switch.
  • Hub/Concentrator
Merupakan sebuah repeater dengan banyak port (multi port) yang mendukung kabel twisted pair dalam sebuah topologi star. Setiap node yang berkomunikasi dengan hub atau consentrator, kemudian sinyal akan diperkuat dan ditransmisikan keluar dari setiap port. Hub bekerja pada level listrik

Hub
Hub
  • Switch.
Merupakan gabungan dari hub dan bridge yang berfungsi untuk meneruskan paket data dalam sistem komunikasi data, prinsip kerja:
  • Menggunakan alamat network yang sama pada semua port.
  • Membuat tabel berdasarkan alamat MAC.
  • Memfilter lalu lintas network berdasarkan informasi MAC.
  • Memforward lalu lintas berdasarkan frame.
  • Memforward lalu lintas broadcast.
Switch
Switch
4.    Router
Merupakan hardware yang berfungsi untuk menghubungkan dua i M twork atau lebih yang berbeda network id atau arsitekturnya
Prinsip kerja:
  • Menggunakan alamat network yang befbeda pada semua port
  • Membuat tabel berdasarkan alamat layer network.
  • Memfilter lalu lintas network berdasarkan intormasi network.
  • Memblokir lalu lintas ke alamat yang tidak diketahui
Router
Router
5.   Komputer Standar
Merupakan hardware yang berfungsi untuk menjalan software sistem operasi (Windows, linux, free BSD, open BSD dll) dalam sistem jaringan komputer.

Komputer workstation dan laptop
Komputer workstation dan laptop
6.    Modem
Merupakan perangkat modulator de modulator yaitu untuk mengubah informasi data digital ke analog atau sebaliknya. Pada Modem standar, saat ini telah tersedia Modem dengan kecepatan 56 Kbps bahkan lebih. Modem juga dilengkapi dengan kompresi data (data compression) dan error correction yang cukup bagus sehingga semakin meningkatkan kinerjanya yang pada akhimya meningkatkan kinerja komputer pada saat berkomunikasi. Menurut bentuknya dan pemasangannya, perangkat

Modem ini dibedakan menjadi 2, yaitu :
       1.    Internal Modem (modem internal).
              Modem internal, dipasang pada Slotekspansi PCI atau ISA pada sebuah mainboard komputer (tergantung teknologi card modemnya).

       2.    External Modem (modem ekstemal).
             Jenis Modem ini di pasang diluar komputer dan terhubung pada salah satu port serial (COM port) baik port serial DB_9 atau DB_25 dan port USB. Bahkan sekarang telah keluar teknologi modem dengan kecepatan tinggi bisa menembus rate data 384 Kbps yaitu modem adsl. Pada modem ekstemal membutuhkan catu daya tersendiri sedangkan modem internal tidak memerlukan catu daya sendiri.

Modem
Modem

B.    Infrastruktur Jaringan LAN dengan Media Tranmisi Tanpa Kabel/WIFI
Berikut merupakan hardware yang harus dipersiapkan jika hendak membangun infrastruktur jaringan LAN tanpa kabel (wireless):


Hardware wireless
wifi
Hardware wireless


Disamping harware yang diperlukan, software pun juga harus dipersiapkan jika hendak membangun jaringan komputer. Software sistem operasi untuk network ada yang harus beli lisensi maupun non lisensi.

Software lisensi
Salah satu contoh software untuk network yang harus beli lisensinya seperti:
  • Microsoft windows (Windows 97, Windows '98, Windows 'ME, Windows XP, Wndows 2000 P, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, Windows Vista, Wmdos NT).
  • Novell Netware
Software non lisensi
Yang dimaksud software non lisensi adalah suatu perangkat lunak yang sifatnya free dari segi untuk memperoleh software master maupun implementasi pada hardware komputer (tidak harus membeli lisensi dari pihak vendor), bahkan untuk mendapatkan software masternya kita dapat download dari internet seperti:
  • Linux, seperti: Slackware, Ubuntu, Suse, Vedora, RedHat, Vector dsb.
  • Free BSD dan Open BSD .

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.