• Translate

11/05/2014

Komponen Jaringan Komputer dan Implementasinya

Tutorial Network |

Advertisement

Artikel kali ini akan kita bahas mengenai hardware atau peralatan-peralatan dan software yang akan digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer.
Pemilihan hardware yang kurang tepat akan menyebabkan terganggunya  komunikasi di dalam jaringan computer. Pastikan bahwa hardware yang dipilih mempunyai kualitas yang bagus. Sebagai contoh adalah pemilihan kabel UTP sebagai media transmisi. Ada beberapa merk kabel UTP yang dijual, tetapi pilihlah kabel UTP dengan merk Belden Cat 5 sebagai media tranmisinya (penulis tidak mempromosikan merk dagang tertentu, tetapi demi kelancaran dalam membangun jaringan komputer anda, pilihlah hadware yang berkualitas bagus).

Dalam pemilihan sofware yang dipakai dalam jaringan komputer, ditekankan kepada kemampuan penguasaan pengguna terhadap suatu software tertentu dan lisensi software tersebut. Begitu banyak sofware yang dipakai dalam jaringan komputer seperti Microsoft (Microsoft server, xp.dll), mikrotik, linux, dll. Kuasailah terlebih dahulu software yang akan digunakan sebelum diaplikasikan ke jaringan komputer anda.

2.1 Media Transmisi
Merupakan suatu media yang berfungsi untuk menghubungkan antar komputer secara fisik sebagai sarana komunikasi data. Media transmisi dalam jaringan komputer dibedakan menjadi tiga macam yaitu:
  1. Media transmisi dengan kabel
  2. Media transmisi tanpa kabel/Wi-Fi
  3. Media transmisi dengan satelit (VSAT)

1.    Media transmisi dengan kabel
Dalam jaringan komputer dikenal dengan 3 macam kabel sebagai sarana komunikasi data, antara lain:

       a.   Kabel coaxial.
            Kabel ini biasa digunakan untuk topologi bus. Secara fisik, kabel coaxial seperti kabel antena televisi. Mirip sekali antara kabel coaxial dengan kabel antena, tetapi yang membedakan adalah struktur dalam dari kabel.  Bentuk fisik kabel coaxial adalah sebagai berikut:

Gambar 2.1 Kabel coaxial dan konektor BNC
Gambar 2.1 Kabel coaxial dan konektor BNC

Kabel coaxial yang dipakai pada jaringan komputer ada 2 macam yaitu thick coaxial dan thin coaxial.

- Thick coaxial (RG-6)
Kabel jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE 802.3 10BASE5 dan   disebut sebagai standar thick ethernet (ThickNet). Ciri fisik kabel ini adalah mempunyai diameter rata-rata 12 mm dan berwarna kuning.
Aturan penggunaan kabel pada sebuah jaringan adalah:
  • Jarak maksimum panjang kabel tiap adalah 500 m
  • Jumlah perangkat keras maksimum tiap segmen/bagian adalah 100 perangkat keras. Yang termasuk perangkat keras adalah komputer, hub, switch maupun repeater.
  • Jarak maksimum tiap segmen adalah 150 m
  • Jumlah segmen maksimum adalah 3
  • Setiap ujung kabel hams diberi terminator 50 ohm.
  • Setiap segmen harus diberi ground
  • Setiap kartu jaringan mempunyai pemancar tambahan (external/ transceiver).
  • Jarak maksimum antara percabangan dengan device (printer, scanner) adalah 5 m dan jarak minimumnya adalah 2,5 m 
- Thin coaxial (RG-58)
Kabel jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standar IEEE 802.3 -10BASE2 dan disebut sebagai standar thin ethernet (ThinNet). Ciri fisik kabel ini adalah mempunyai diameter rata-rata 5 mm. Aturan penggunaan kabel pada sebuah jaringan adalah:
  • Jarak maksimum panjang kabel tiap adalah 185 m
  • Jumlah perangkat keras maksimum tiap segmen/bagian adalah 30 perangkat keras. Yang dimaksud perangkat keras adalah komputer, hub, switch maupun repeater.
  • Jarak maksimum tiap segmen adalah 55 m
  • Jumlah segmen maksimum adalah 3
  • Setiap ujung kabel harus diberi terminator 50 ohm.
  • Setiap segmen harus diberi ground
  • Setiap kartu jaringan mempunyai pemancar tambahan (external transceiver).
  • Jarak maksimum antara percabangan dengan device(printer, scanner) adalah 5 m dan jarak minimumnya adalah 2,5 m.

         b.   Kabel Twisted Pair
Twisted Pair terdiri dari 2 jenis:
  1. Unshielded Twisted Pair (UTP)
  2. Shielded Twisted Pair (STP)
Perbedaan antara UTP dan STP adalah ada tidaknya lapisan pelindung interferensi. Hal lain yang mempengaruhi besar kecilnya derau ataupun interferensi adalah jumlah anyaman (twisting) dari kabel tersebut. Tentunya kabel STP memiliki lapisan pelindung interferensi, tetapi kabel STP jarang digunakan karena mahal. Kabel Twisted Pair (UTP) paling banyak digunakan dalam jaringan LAN adalah kabel UTP Cat5 (dibaca kategori 5), seperti gambar berikut:

Gambar 2-2: Kabel UTP Cat5
Gambar 2.2 Kabel UTP Cat5
Untuk mencari kabel UTP yang berkualitas baik adalah dengan cara menggesek-gesekkan inti kabel dengan bantuan si let/cutter atau amplas, jika inti kabel tidak berubah warnanya (tetap warna tembaga) berarti kabel tersebut baik, tetapi jika inti kabel berubah menjadi silver maka kabel tersebut kurang baik.

Beberapa macam kategori kabel UTP dapat dilihat pada tabel dibawah ini :

Tipe kabel Keterangan
UTP Kategori 1 Analog. Biasanya digunakan di perangkat telepon pada jalur ISDN (Integrated Service Digital Network), juga untuk menghubungkan modem dengan line telepon
UTP Kategori 2 Bisa mencapai 1 Mbits (sering digunakan pada topologi Ring) r
Tlpe kabel Keterangan
UTP/STP Catagori 3 16 Mbits data transfer (sering digunakan pada topologi Ring atau 10 BaseT).
UTP/STP Catagori 4 20 Mbits data transfer (sering digunakan pada topologi Ring).
UTP/STP Catagori 5 Bisa mencapai 100 Mbits (sering digunakan pada topologi Star atau tree).
UTP/STP Catagori 5 Enhanced 1 Gigabit Ethernet, jarak 100m, terdiri dari 4 pasang kabel tembaga yang tiap pasangnya di-plintir (sering digunakan pada topologi token ring 16 Mbps, Ethernet 10/100 Mbps).
UTP/STP Catagori 6 2,5 Gigabit Ethernet, dengan kec frekuensi 155 Mhz atau 250 Mhz.
UTP/STP Catagori 7 Gigabit Ethernet, dengan kec frekuensi 200 Mhz atau 700 Mhz.


          c.   Kabel fiber optik
Kabel ini merupakan jenis media transmisi yang sangat baik dibandingkan dengan jenis kabel lainnya, tetapi kendalanya adalah masalah harga yang mahal. Berikut adalah gambar bentuk fisik kabel fiber optik:

Gambar 2.3 Bentuk fisik kabel fiber optik
Gambar 2.3 Bentuk fisik kabel fiber optik
Kabel Serat Optik memiliki jangkauan lebih panjang, frekuensi lebih tinggi, lebih ringan, berukuran kecil, tidak ada radiasi elektrik, kebal terhadap derau, dan isolasi ground yang baik. Kabel serat optik mempunyai diameter sangat tipis, antara 2-125/ym.

Berbagai bahan kaca dan plastik dapat digunakan untuk membuat serat optik yang baik dan memiliki loss terkecil adalah menggunakan serat ultra pure fussed silica. Bahan ini sangat Sulit untuk diproduksi karena itu digantikan oleh bahan lain yang memiliki loss yang lebih besar tetapi masih dapat di toleransi yaitu bahan plastik dan campuran kaca.

Serat optik berbentuk silindris terdiri dari tiga bagian, core, cladding, jacket. Core adalah bagian terdalam dan terdiri dari 1 serat atau lebih. Tiap serat tersebut dikelilingi oleh cladding dan kemudian ditutupi oleh coating. Bagian terluar adalah jacket yang bertugas melindungi serat optik dari kelembaban, abrasi dan kerusakan.


2.    Media transmisi tanpa kabel /Wi-Fi (Wireless Fidelity)
Media ini biasa disebut wireless atau jaringan nirkabel, yang menggunakan gelombang radio sebagai sarana penyampaian informasi paket data. Wireless merupakan perangkat jaringan yang fleksibel, baik dari perawatan, kerapian dan instalasi infrastrukturnya. Berikut adalah macam-macam contoh komponen wireless dalam jaringan LAN :

Gambar 2.4 Macam-macam komponen Wi-Fi
Gambar 2.4 Macam-macam komponen Wi-Fi
3.    Media Transmisi dengan Satelit
Satelit biasa digunakan untuk komunikasi data jarak jauh, misalnya antar propinsi, antar negara atau antar benua. Antena yang biasa digunakan pemakai adalah antena parabola. Berikut contoh instalasi infrastruktur antena parabola

Gambar 2.5 Jaringan infrastructure antena parabola
Gambar 2.5 Jaringan infrastructure antena parabola

Nah , Cukup sekian dulu artikelnya ya, ini masih lanjut kok tenang saja.. nanti kita lanjut ke bagian "Hardware untuk membangun infrastruktur jaringan komputer dan koneksi ke internet". Jadi harap bersabar ya sobat blogger.. :-D

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box