• Translate

12/20/2014

Diagram Activity State Aplikasi Mobile Commerce

Tutorial WAP |

Advertisement

Diagram Activity State pada Aplikasi Mobile Commerce Pemesanan Tiket Pesawat berbasis WAP, silahkan dibaca dan dipahami..
=================================================================================
 4.4.4 Diagram Activity State
    Diagram Activity State  merupakan diagram yang menggambarkan alur kerja dari sistem dan diagram ini merupakan suatu diagram dinamis yang menunjukkan aktivitas beserta kejadian yang menyebabkan suatu objek berada dalam state tertentu.  Diagram ini lebih menggambarkan transisi-transisi dan aktivitas-aktivitas yang menyebabkan perubahan pada states objek.  Simbol lingkaran berisi warna hitam menandakan awal state sedangkan simbol lingkaran berisi warna hitam yang dilingkari oleh lingkaran bergaris hitam menandakan akhir state. Sama seperti aktifity diagram, Penguraian aktfitas dipecah dalam beberapa modul sesuai dengan fasilitas yang disediakan untuk setiap aktor.

4.4.4.1     Administrator
    Aktifitas-aktifitas yang dilakukan oleh Administrator meliputi beberapa modul yaitu : input data, edit data dan hapus data,  laporan, kembali serta login.
.
4.4.4.1.1 Input Data
Dalam kegiatan input data pada aplikasi pemesanan tiket pesawat ini berfungsi untuk melakukan penambahan data yang akan dimasukkan oleh admin. Berikut ini akan diuraikan mengenai semua Diagram State yang dilakukan oleh Admin pada modul Input Data, modul ini terdiri dari 4  Diagram State, antara lain:
  • Data Pesawat
  • Detail Pesawat
  • Data bandara
  • Keberangkatan

a)    Data Pesawat
Kegiatan input data pesawat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh admin untuk melakukan penambahan data pesawat ke dalam database. Pada gambar dibawah ini terlihat bahwa kegiatan ini dimulai dengan meng-klik link data pesawat terlebih dahulu dan tampil satu form record kosong untuk penambahan data pesawat baru menggunakan perintah a href="fm_inpesawat.php", dan kemudian menampilkan halaman fm_inpesawat.php sebagai tempat menginput data baru menggunakan perintah target="mainFrame" . Jadi sebelum admin melakukan penambahan data pesawat, admin terlebih dahulu menampilkan fm_inpesawat.php. Pada tampilan ini, input data baru, kemudian setelah itu admin melakukan proses simpan menggunakan perintah $simpan atau akan membatalkan proses penambahan data pesawat baru menggunakan perintah <a href=javascript:history.go(-1)>Kembali</a>. Sesuai dengan aktifitas yang dilakukan dalam fm-inpesawat.php yaitu : klik Tombol Simpan atau klik Tombol kembali.

Gambar 4.39 Diagram Activity State input data pesawat
b)    Detail Pesawat
Kegiatan input detail pesawat merupakan kegiatan yang dilakukan oleh admin untuk melakukan penambahan data detail pesawat seperti data class tiket,  harga tiket dan jumlah tiket ke dalam database. Pada gambar dibawah ini terlihat bahwa kegiatan ini dimulai dengan meng-klik link detail pesawat terlebih dahulu dan tampil satu form record kosong untuk penambahan data pesawat baru menggunakan perintah a href="fm_indetpesawat.php", dan kemudian menampilkan halaman fm_indetpesawat.php sebagai tempat menginput data dengan menggunakan perintah target="mainFrame" . jadi sebelum admin melakukan penambahan detail pesawat, admin terlebih dahulu menampilkan fm_indetpesawat.php. Pada tampilan ini, input data detail baru, kemudian setelah itu admin melakukan proses simpan menggunakan perintah $simpan atau akan membatalkan proses penambahan data pesawat baru menggunakan perintah <a href=javascript:history.go(-1)>Kembali</a>. Sesuai dengan aktifitas yang dilakukan dalam fm_indetpesawat.php yaitu : klik Tombol Simpan atau klik Tombol kembali.

Gambar 4.40 Diagram Activity State input detail pesawat
c)    Data Bandara
Kegiatan input data bandara merupakan kegiatan yang dilakukan oleh admin untuk melakukan penambahan data bandara seperti nama bandara dan kota tujuan ke dalam database. Pada gambar dibawah ini terlihat bahwa kegiatan ini dimulai dengan meng-klik link data bandara terlebih dahulu dan tampil satu form record kosong untuk penambahan data bandara baru menggunakan perintah a href=" fm_inbandara.php", dan kemudian menampilkan halaman fm_inbandara.php sebagai tempat menginput data dengan menggunakan perintah target="mainFrame" . jadi sebelum admin melakukan penambahan data bandara, admin terlebih dahulu menampilkan fm_inbandara.php. Pada tampilan ini, input data bandara baru, kemudian setelah itu admin melakukan proses simpan menggunakan perintah $simpan atau akan membatalkan proses penambahan data bandara baru menggunakan perintah <a href=javascript:history.go(-1)>Kembali</a>. Sesuai dengan aktifitas yang dilakukan dalam fm_inbandara.php yaitu : klik Tombol Simpan atau klik Tombol kembali.

Gambar 4.41 Diagram Activity State input data bandara
Gambar 4.41 Diagram Activity State input data bandara
d)    keberangkatan
Kegiatan input data keberangkatan merupakan kegiatan yang dilakukan oleh admin untuk melakukan penambahan data keberangkatan seperti tanggal keberangkatan, waktu keberangkatan dan waktu tiba ke dalam database. Pada gambar dibawah ini terlihat bahwa kegiatan ini dimulai dengan meng-klik link fm_intiket.php terlebih dahulu dan tampil satu form record kosong untuk penambahan data keberangkatan baru menggunakan perintah a href=" fm_intiket.php", dan kemudian menampilkan halaman fm_intiket.php sebagai tempat menginput data dengan menggunakan perintah target="mainFrame" . jadi sebelum admin melakukan penambahan data keberangkatan, admin terlebih dahulu menampilkan fm_intiket.php. Pada tampilan ini, input data keberangkatan baru, kemudian setelah itu admin melakukan proses simpan menggunakan perintah $simpan atau akan membatalkan proses penambahan data bandara baru menggunakan perintah <a href=javascript:history.go(-1)>Kembali</a>. Sesuai dengan aktifitas yang dilakukan dalam fm_inbandara.php yaitu : klik Tombol Simpan atau klik Tombol kembali

Gambar 4.42 Diagram Activity State input data keberangkatan
Gambar 4.42 Diagram Activity State input data keberangkatan
nah, untuk hari ini kita fokus di bagian input data ya, nanti akan kita lanjut Diagram Activity State untuk edit dan hapus data. silahkan dipahami lagi ya semua tentang diagram activity state aplikasi mobile commerce. untuk lebih memahami dan sesuai alur silahkan dibaca semua pada menu category Tutorial WAP

Salam Blogger,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box