• Translate

1/30/2015

Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC

Tutorial Hardware |

Advertisement

Bagaimana Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca di PC | Flashdisk atau storage portable memang sangat rentan sekali mengalami berbagai macam masalah. apalagi sekarang sudah ada Harddisk Eksternal dimana space atau kapasitasnya lebih besar dari flashdisk sehingga kebanyakan apabila flashdisknya sudah tidak bersahabat pasti ada yang langsung beli baru tanpa mencari tahu sebabnya.

Untuk itu, perlu bagi Anda untuk mengetahui kualitas flashdisk sebelum Anda membelinya. seperti yang saya alami beberapa hari lalu yaitu flashdisk saya tidak bisa terbaca di pc saya, saya pikir flashdisk saya sudah rusak, maklum sudah 9 tahun flashdisk ini menemani saya. tapi begitu saya coba di laptop masih bisa, muncul pertanyaan kenapa ini? apa yang salah? dan bla bla bla...

Masalah Flashdisk bisa terjadi dengan 2 kemungkinan, yaitu:
1. Flashdisk anda telah rusak.
2. Port USB pada PC


memperbaiki flshdisk tidak terbaca di pc

Coba sobat ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk memperbaiki flashdisk sobat tidak terbaca di PC sobat :
  1. Lakukan uji coba dengan menggunakan port USB komputer/laptop lainnya. Jika masih tidak terbaca, sudah dipastikan bahwa flashdisk Anda mengalami kerusakan.
  2. Jika sobat ingin memeriksanya lebih lanjut, cobalah cek 'Device Manager' komputer sobat dengan cara klik 'Start' -> 'Settings' -> 'Control Panel' -> 'System'. Kemudian akan muncul jendela System Properties. Lalu, pilih dan klik 'Device Manager'. Setelah itu lihat bagian 'Universal Serial Bus Controllers'. Jika terdapat masalah akan muncul tanda tanya.
  3. Coba periksa hardware port USB pada komputer sobat yang terletak di bagian Motherboard CPU komputer.
  4. Periksa pada Registry Windows dengan cara klik 'Start' -> 'Run' lalu ketik 'Regedit' dan klik Enter. Kemudian klik HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\UsbStorage dan cek kolom Value Dwords yang harus bernilai 3 yang berarti Enabled.
  5. Lakukan install ulang USB driver pada PC sobat.
  6. Jika masih belum terbaca juga, sobat bisa pilih opsi terakhir untuk pergi ke toko komputer, beli flashdisk baru atau install ulang sistem operasi komputer Anda yang mungkin karena terjangkit virus yang berbahaya.
Flashdisk saya untungnya hanya bermasalah pada drivernya jadi cuma update driver restart PC dan berhasil , masih berumur panjang flashdisk saya, siapa tahu masih bisa saya gunakan sampai 2 tahun lagi hehehe..

semoga bermamfaat,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box