• Translate

1/22/2015

Desain Tampilan Aplikasi Mobile Commerce Reservasi Tiket Pesawat Berbasis WAP

Tutorial WAP |

Advertisement

Desain Tampilan Aplikasi Mobile Commerce Reservasi Tiket Pesawat Berbasis WAP | Pada bagian ini akan saya berikan gambaran mengenai desain antar muka (interface design) dari masing-masing fungsi yang terdapat dalam Aplikasi Mobile Commerce Reservasi tiket Pesawat Berbasis WAP. Ada empat bagian desain antar muka yang ada di Aplikasi Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis WAP yaitu Login, Administrator, member dan pengunjung yang hanya diakses dari mobile devices dengan penjelasan sebagai berikut. 

•    Login
Pada bagian ini menyediakan pilihan fasilitas yang akan digunakan oleh admin saja untuk masuk ke dalam menu aplikasi pemesanan tiket pesawat
berbasis wap.

•    Administrator
Bagian ini khusus dibuat untuk administrator, dan hanya dapat digunakan oleh administrator. Pada halaman ini administrator dapat mengakses seluruh fasilitas yang tersedia pada Aplikasi pemesanan Tiket Pesawat Berbasis wap tersebut.

•    Member dan pengunjung
Bagian ini khusus dibuat untuk user selain administrator, dan hanya dapat mengakses seluruh data dan informasi yang ada pada Aplikasi pemesanan Tiket pesawat terbang Berbasis wap melalui mobile devices.

1.    Halaman Login
Halaman Login tersebut digunakan oleh administrator untuk masuk ke dalam menu administrator aplikasi pemesanan tiket pesawat terbang berbasis wap dengan menginput Username dan Password, jika data yang di input benar maka akan langsung ditampilkan halaman administrator, jika salah maka admin harus menginput ulang username dan password sampai benar seperti pada gambar berikut ini :

Desain Tampilan Halaman Login
Gambar 4.82 Desain Tampilan Halaman Login

Desain Tampilan Halaman Error Login
Gambar 4.83 Desain Tampilan Halaman Error Login

2. Administrator
Halaman administrator adalah halaman yang ditampilkan setelah administrator berhasil melakukan login dan masuk kedalam sistem. Pada bagian samping kiri halaman ini terdapat 5 menu utama yaitu home, logout, input data, edit dan hapus data, laporan. dari masing-masing bagian tersebut akan saya ambil satu contoh saja yang akan saya publikasikan, Desain dari tampilan halaman admnistrator dapat dilihat pada gambar berikut ini :

Desain Tampilan Halaman Administrator
Gambar 4.84 Desain Tampilan Halaman Administrator

a. Home
Home adalah halaman utama administrator, apabila administrator sudah melakukan sesuatu pada sistem maka dengan mengklik link home ini administrator dapat kembali ke halaman utama.

b. Logout
Menu Logout berfungsi untuk menutup halaman administrator, jika menu ini diklik maka halaman  akan ditutup dan ditampilkan halaman login administrator kembali.

c. Input Data
Dalam menu input data ada 4 macam jenis input yang dilakukan oleh administrator, antara lain : data pesawat, detail pesawat, data bandara, data keberangkatan. Dapat dilihat desain dari masing input data sebagai berikut :


Desain Tampilan Halaman input data pesawat
Gambar 4.85 Desain Tampilan Halaman input data pesawat

d. Edit Dan Hapus Data
Dalam menu edit data ada 6 macam jenis edit dan hapus data yang dilakukan oleh administrator, antara lain : data pesawat, detail pesawat, data bandara, data keberangkatan, data member, edit password admin . Dapat dilihat desain dari masing edit dan hapus data sebagai berikut :

•    Edit Dan Hapus Data Pesawat
Pada menu ini administrator harus memilih kode pesawat untuk menapilkan data pesawat yang akan di edit atau di hapus dari database, dapat dilihat pada gambar berikut dibawah ini

Desain Tampilan Halaman edit dan hapus data pesawat
Gambar 4.89 Desain Tampilan Halaman edit dan hapus data pesawat

e. Laporan
Dalam menu laporan data ada 6 macam jenis laporan yang dapat dilihat oleh administrator, antara lain : laporan data tiket, laporan pesawat terbang, laporan keberangkatan, laporan pemesanan tiket, laporan pembayaran. Dapat dilihat desain dari masing laporan sebagai berikut :

•    Laporan data tiket
Pada laporan data tiket administrator dapat melakukan update jumlah tiket sebelum di print atau langsung mengeprint data tiket dengan memilih tanggal, bulan , dan tahun yang ada daftar tiket penerbangan. Dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Desain Tampilan laporan data tiket
Gambar 4.95 Desain Tampilan laporan data tiket
Dengan mengklik link update maka halaman update jumlah tiket pun akan tampil, dapat dilihat pada gambar dibawah ini :

Desain Tampilan update jumlah tiket
Gambar 4.96 Desain Tampilan update jumlah tiket
penjelasan desain tampilan diatas hanya sebagian saja yang saya berikan, karena terlalu banyak kalau saya harus menulisnya disini. untuk desain tampilan untuk member dan pengunjung akan kita bahas dikemudian hari, apabila ingin menanyakan sesuatu tentang aplikasi mobile commerce ini silahkan beri komentar dan insyaallah akan saya balas secepat mungkin.

semoga bermanfaat,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box