• Translate

3/23/2015

Fitur Menarik Yang Jarang Digunakan Pada iPhone & Mac

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Fitur Menarik Yang Jarang  Digunakan pada iPhone & Mac
Produk dari Apple memang selalu sukses menggarap sebuah karya, baik dalam bentuk perangkat maupun software. Hanya saja ada beberapa fitur kurang begitu berhasil. Entah itu karena sulit ditemukan atau kurang menarik sehingga jarang digunakan oleh para penggunanya.

A. Fitur Menarik yang Jarang digunakan pada iPhone diantaranya :
  • Tap to Talk (iOS)
    Tap to Talk termasuk fitur baru iMessage yang dibawa iOS 8. Fitur ini berfungsi untuk mengubah cara orang berkirim pesan, dari sekadar berbasis teks menjadi voicemail.

    Untuk menggunakannya, buka aplikasi Messages untuk membuat sebuah pesan. Tekan dan tahan ikon mikrofon, lalu ucapkan pesan. Pesen suara tersebut tidak diterjemahkan ke dalam teks. Namun merekam suara menjadi file audio untuk diputar ulang oleh si penerima. 
taptotalk iPhone
  • Reachability
    Salah satu fitur baru dari iOS 8 ini dibuat untuk membantu pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 Plus mengoperasikan menggunakan satu jempol.

    Sayangnya baru sedikit yang mengetahuinya. Adapun karena faktor tidak sengaja, saat ingin menggunakannya lagi malah bingung bagaimana caranya. Untuk menggunakan fitur Reachability sebenarnya sangatlah mudah. Cukup tekan dua kali pada tombol Home, seketika tampilan layar menyusut sehingga bisa dioperasikan dengan satu jari.
Reachability iPhone
  • Draft in Mail (iOS)
    Aplikasi Mail tampaknya tidak memberikan pengguna kemungkinan melihat inbox saat tengah mengetik sebuah email. Pengguna harus membatalkannya baru bisa kembali melihat inbox. Padahal aplikasi Mail dapat menyimpan draft email Sobat.

    Kemampuan tersebut memang banyak yang tidak mengetahui. Jadi jika Sobat ingin melihat inbox ketika sedang mengetik email. Cukup drag bagian atas popup penulisan email ke bagian bawah layar. Seketika Sobat dapat membuka daftar inbox. Nah, jika ingin kembali ke layar penulisan, cukup sentuh saja New Message di bagian paling bawah layar.

    Jika Sobat tidak sengaja menutup aplikasi Mail saat tengah menulis email. Tenang, Sobat dapat melanjutkannya. Cukup tekan dan tahan ikon Compose di sudut kanan bawah. Seketika akan muncul daftar draf email.
inbox mail iPhone

  • AirDrop
    AirDrop menyediakan alternatif untuk berkirim file berukuran besar tanpa perlu menggunakan USB ataupun email. Fitur ini tidak hanya tersedia di iOS tapi juga di Mac OS X. Cara menggunakanya cukup men-swipe ke atas dari bagian bawah iPhone. Sementara di Mac dengan mengklik AirDropd di jendela Finder.

    Meski memudahkan transfer file, hanya saja sejak AirDrop tidak aktif secara default dan menguras baterai iPhone membuat orang jarang menggunakannya. Pengguna lebih memilih cara yang lebih tradisional.
airdrop_iPhone


B. Fitur Menarik yang Jarang digunakan pada Mac diantaranya :
  • Notification
    Apple membuat Mac OS makin bercita rasa iOS. Selain tampilan, beberapa fitur iOS juga diboyong ke sistem operasi desktopnya, salah satunya adalah Notification.

    Fitur Notification berada di sisi kanan layar. Cara membukanya dengan mengklik ikon notifikasi di pojok kanan atas. Layaknya di iOS, Notification menampilkan beragam informasi, seperti pemberitahuan email yang masuk, tanggal, cuaca dan lain-lain. 
notification_mac
     
Meski dapat memuat banyak informasi, namun fitur Notification ini kurang banyak digunakan. Bila demikian, Sobat sebenarnya dapat menonaktifkannya agar tidak mengganggu bila muncul pop-up notifikasi. Caranya buka Settings, klik Notifications dan choose None pada Message Alert.
  • Launchpad
    Banyak pengguna Mac mencari daftar aplikasi lewat dock, spotlight atau langsung di Application pada jendela Finder.

    Launchpad dikenalkan pada 2011, menampilkan daftar aplikasi dengan tampilan mirip antar muka iPad. Meski akan lebih maksimal jika Mac menggunakan layar sentuh, namun Apple membuat navigasi di Launchpad cukup mudah meski menggunakan mouse atau trackpad. 
Launchpad_mac
  • Gestures
    Trackpad pada perangkat Mac dibekali fitur Gestures dimana memungkinan pengguna melakukan navigasi menggunakan kombinasi gerakan jari. Meski sangat berguna, fitur ini termasuk jarang digunakan.
    Gestures Mac
    Untuk penggunaan fitur ini, sobat dapat membuka System Preferences, lalu pilih Trackpad. Sobat bisa melihat demo gerakan apa aja yang bisa digunakan di permukaan trackpad. Sehingga akan mempermudah cara bernavigasi di Mac OS X.
Salam Bloggers,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.