• Translate

3/28/2015

Tips Cara Mengatasi SmartPhone Android Bootloop

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Tips Cara Mengatasi Android Bootloop, Smartphone Android sobat bootloop atau tiba-tiba tidak bisa restart? hal ini seringkali terjadi diantara pengguna Android. Masalah ini kerap membuat panik dan putus asa sampai-sampai harus ketempat reparasi smartphone. Bagaimana cara mengatasi smartphone Android boot loop ini?

Cara mengatasi Android bootloop paling sederhana dan mudah adalah mengembalikan ke “setelan pabrik” atau “ Factory Reset “ melalui Recovery Mode.

Factory Reset adalah mengembalikan setelan smartphone Android pada kondisi awal, seperti saat pertama kali beli, alias setelan langsung dari pabrik.

Android Bootloop-alltutorials.info

Jenis Bootloop Android yang pelu diketahui :
  • Android Light Bootloop
    Biasanya karena pengguna ponsel Android,tablet pada saat pemakain normal,Install Aplikasi, main game, dsb, tapi tiba-tiba Android, Tablet sobat Reboot atau Restart otomatis, namun saat dihidupkan lagi hanya sampai logo saja dan berhenti disitu.
  • Android Medium Bootloop
    Biasa mucul akibat pengguna mengutak-atik Android dan masuk ke System Recovery, yang biasa digunakan untuk membuka system (rooting). Ini termasuk kategori kerusakan menengah.
  • Android Hard Bootloop
    Android hard bootloop terjadi karena kita mengedit sricpt dalam Android . Contohnya, Meng-upgrade OS, biasanya jika kita bermaksud mengedit sricptnya kita harus rooting Android kita supaya bisa masuk ke system admin android. Bootloop Android jenis ini biasanya memiliki ciri saat dinyalakan hanya sampai logo saja, tak bergerak lagi.
Pada umumnya hampir setiap permasalahan pada Smartphone dan Tablet Android bisa diatasi dengan melakukan langkah Factory Reset. Namun, langkah ini bisa berdampak pada kehilangan data-data penting yang telah di-install sebelumnya, sehingga perlu melakukan install ulang.

Sebaiknya, lakukan Factory Reset sebagi opsi terakhir, jika semua alternatif solusi sudah dilakukan dan belum berhasil. Jika yakin, tidak ada solusi dan cara mengatasi android boot loop, mati total, atau tidak bisa start, maka Anda bisa melakukan langkah “Factory Reset” dengan cara berikut :

Cara mengatasi Android Bootloop
Masuk ke menu Setting Privacy Factory Data Reset

Jika smartphone/Tablet Android mati total, sama sekali tidak mau restart, bagaimana cara mengatasinya?.

Lakukan “Factory Reset” dengan melalui prosedur Recovery Mode.

Recovery Mode adalah, pilihan solusi melalui menu pilihan yang bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan software pada Android.

Tidak semua smartphone/tablet Android tersedia menu tersebut, maka bisa menggunakan buatan pihak ketiga, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .

Fungsi dari Recovery Mode adalah sebagai berikut :
  1. Jika tablet/smartphone Android tidak bisa start atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Dalam kasus tablet/smartphone Android dapat dihidupkan, tapi tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Bagaimana cara menggunakan Recovery Mode pada SmartPhone? Ikuti langkah-langkah berikut ini :

Langkah 1 : Masuk ke recovery mode 
Masuk ke menu recovery mode Android, matikan dulu smartphone / tabletnya tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.

nb:  Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.

Tampilan Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Dalam menu recovery mode,  biasanya Sobat tidak dapat menggunakan touch screen, atau tidak berfungsi. Untuk keperluan navigasi naik dan turun, Sobat bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).


Langkah 2 : Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berada pada menu recovery mode, pilihlah fitur “Wipe Data / Factory Reset” selanjutnya restart handphone Sobat.

"Hal ini juga bisa dilakukan jika Sobat lupa password atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Sobat lakukan hanyalah masuk ke recovery mode lakukan Factory Reset / Wipe data".

nb: Untuk masuk ke dalam menu Recovery Mode, hanya dapat dilakukan pada kondisi smartphone mati (off)

Jika masalah SmartPhone Android Bootloop, dan sobat sudah melakukan factory reset ternyata tetap tidak bisa mengatasi masalah boot loop atau Android tetap tidak bisa masuk ke menu, maka solusi yang biasa dilakukan adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone).

Demikianlah penjelasan tentang Tips cara mengatasi smartphone android bootloop, semoga membantu memecahkan masalah yang sedang Sobat hadapi.


Salam Bloggers,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box