• Translate

4/24/2015

Cara Membersihkan Cache Pada Smartphone Android

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Cara Membersihkan Cache Pada Smartphone Android | Sobat tahu apa itu file cache? Cache memori merupakan tempat penyimpanan data sementara yang biasanya dihasilkan ketika kita membuka sebuah aplikasi atau games diperangkat keras. bayangkan file cache memory ini jika menumpuk didalam smartphone android jika tidak dibersihkan, cache tersebut lama-kelamaan akan menumpuk pada perangkat memori dan tentunya memakan memori smartphone sobat. Hal tersebut sudah pasti berpengaruh terhadap kinerja smartphone android sobat, smartphone akan semakin lelet dan lemot jika cache memorinya semakin penuh. Untuk itu, sobat harus segera membersihkan cache memori tersebut sebelum bertambah banyak dan bertumpuk.

Cara Membersihkan Cache Pada Smartphone Android
Ada 2 Cara Membersihkan Cache Pada Smartphone Android yaitu cara manual dan dengan menggunakan aplikasi yang disediakan google Play Store.

Cara Membersihkan Cache Pada Smartphone Android
  1. Cara Manual Membersihkan Cache Pada Smartphone Android
  • Buka settings/pengaturan
  • Lalu kebagian Storage
  • Selanjutnya tunggu hingga proses initializing/calculating selesai.
  • Jika sudah, sentuh pada bagian Cached data
  • Akan ada dialog untuk menghapus cache. Klik OK untuk konfirmasi

      2. Menggunakan Aplikasi yang ada di Play Store.
  • Clean Master
    Clean master ini merupakan aplikasi untuk membersihkan cache memori android paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna smartphone android, Aplikasi clean master memang memiliki fitur bagus dan sangat mudah untuk digunakan. Untuk penggunaannya, sobat hanya perlu membuka aplikasi clean master ini dan secara otomatis aplikasi tersebut akan mengscan aplikasi atau sistem yang tidak terpakai. setelah pemindaian selesai, sobat hanya perlu mengklik clean maka cache memori pada perangkat smartphone sobat akan terhapus.

    Aplikasi clean master ini bisa sobat download secara gratis di google playstore
  • The Cleaner
    Aplikasi ini bekerja denan mengoptimizer memori yang berguna untuk membebaskan memori sehingga hp android sobat bisa mendapatkan kinerja yang lebih optimal. Untuk cara membersihkan cache pada hp android dengan menggunakan aplikasi the cleaner ini caranya cukup mudah, pertama sobat buka aplikasi the cleaner lalu centang pilihan aplikasi, games atau file lainnya yang akan sobat bersihkan. Setelah itu sobat klik delete, maka cache memori di hp android sobat akan terhapus.

    Aplikasi The Cleaner ini bisa sobat download secara gratis di google playstore
  • Cache Cleaner +
    Cache Cleaner + juga merupakan aplikasi yang mudah digunakan untuk membersihkan cache memori android sobat. Setelah sobat membukan aplikasi cache cleaner + ini, dilayar akan terlihat semua aplikasi yang memiliki cache memori dan secara otomatis aplikasi yang tidak muncul berarti tidak memiliki cache memori. untuk cara membersihkannya, sobat hanya perlu klik ikon recycle disamping kanan atas layar smartphone sobat. setelah di klik secara otomatis cache memori sobat akan terhapus.

    Aplikasi Cache Cleaner+ ini bisa sobat download secara gratis di google playstore
Nah, Sudah didownload dan di install apliaksi pilihan sobat untuk membersihkan cache memory yang ada di smartphone android sobat? kalau sudah silahkan sobat sering-sering untuk membersihakan cache memory yang ada untuk memaksimalkan kinerja dari smartphone sobat. semoga bermamfaat.

Salam Bloggers,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box