• Translate

4/22/2015

Cara Memilih Laptop Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan

Tutorial Hardware |

Advertisement

Cara Memilih Laptop Yang Tepat Dan Sesuai Kebutuhan | Untuk Sobat yang banyak mengerjakan aktivitas komputasi sehari-hari terutama untuk yang sering melakukan pengetikan dokumen namun juga memiliki mobilitas yang cukup tinggi, laptop dapat menjadi pilihan yang tepat dibandingkan tablet ataupun desktop. Lalu bagaimana cara memilih laptop yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Sobat ?

Faktanya saat ini industri dan pasar laptop bergerak dengan sangat dinamis dan sangat cepat seiring dengan perkembangan teknologi. Sebenarnya terdapat beberapa pertanyaan inti seperti : Spesifikasi apa yang Sobat cari? brand apa yang harus Sobat pilih? dan berapa anggaran keuangan yang Sobat siapkan ?

Setidaknya laptop yang saat ini Sobat beli harus bisa bertahan sekitar 4 hingga 5 tahun setelah pembelian, tapi Sobat juga harus memastikan bahwa laptop tersebut sesuai dengan tujuan apa Sobat akan memakainya. Apalagi saat ini telah hadir Windows 8.1 dan Windows 10 yang sedang dalam proses peluncuran berikut meningkatnya popularitas ultrabook dan laptop-tablet hybrid yang terlihat banyak brand yang bermain dalam kategori tersebut, tentunya memilih tipe laptop yang tepat akan semakin sulit.


1. Ultrabook
Toshiba Portege z30 128gb grey
Tipe laptop ultrabook ini merupakan tipe laptop yang menonjolkan unsur ketipisan, beratnya yang ringan dan umumnya memiliki layar berukuran 13 inci. Ultrabook sebenarnya dikeluarkan untuk menandingi kesuksesan Apple dengan Macbook Airnya beberapa tahun yang lalu, karena hal tersebut spesifikasi yang dijejalkan kepada ultrabook biasanya memiliki spesifikasi premium/ kelas tinggi.

Ultrabook sangat cocok untuk sobat yang sering berpergian atau memiliki mobilitas sehari-hari yang tinggi, selain karena memiliki bobot yang ringan namun juga memiliki daya tahan baterai yang lumayan lama. Berbicara masalah harga apabila sobat ingin membeli laptop tipe ultrabook sobat harus merogoh kocek yang cukup dalam , umumnya tipe laptop ini berkisar sekitar 5 juta ke atas seperti Samsung Ativ Book 9 atau Acer Aspire S7.
2. Laptop Hybrid
Laptop Hybrid
Apabila Sobat merupakan penggemar tablet dan laptop, maka tipe laptop ini merupakan pilihan yang cocok untuk Sobat. Tipe laptop ini merupakan kombinasi antara laptop dengan tablet dimana Sobat bisa menggunakan keyboard yang berbentuk detachable ( dapat digeser atau dilipat) saat dibutuhkan dan menyembunyikan keyboard tersebut saat tidak digunakan.

Selain memiliki detachable keyboard, umumnya laptop tipe ini memiliki harga yang cukup mahal yang tentunya sesuai dengan fitur dan spesifikasinya yang premium dan sangat cocok untuk digunakan bagi Sobat yang memiliki aktivitas indoor dan outdoor yang seimbang.

3. Laptop Gaming

MSI GS60 Ghost Pro.

Salah satu ciri khas tipe laptop ini biasanya memiliki ukuran layar yang besar berikut bobot yang cukup berat, namun paradigma tersebut dicoba untuk dipecahkan oleh beberapa brand laptop yang meluncurkan laptop gaming dengan bentuk yang tidak terlalu besar dan lebih mengedepankan desainnya yang stylish seperti Razer Blade dan MSI GS60 Ghost Pro atau GT70 Dragon Edition gaming notebook

Berbicara mengenai spesifikasi, tentunya komponen yang dijejalkan pada laptop tipe gaming ini memiliki spesifikasi yang mumpuni, seperti GPU yang berasal dari Nvidia dan AMD agar dapat support saat akan memainkan game-game berat.

4. Laptop sehari-hari

splitter lenovo g40
Laptop tipe ini sangat cocok untuk digunakan untuk aktivitas komputasi ringan sehari-hari dan umumnya memiliki harga yang terjangkau. Memiliki varian layar mulai dari 11 inch hingga 15 inch, spesifikasi laptop ini biasanya tidak terlalu bagus karena memang hanya difungsikan untuk hal-hal komputasi ringan seperti melakukan browsing, pengetikan dokumen dan hal sejenisnya. Bahkan beberapa brand seperti Asus dan Acer memiliki laptop sehari-hari yang memiliki spesifikasi cukup bagus namun dengan harga tetap terjangkau.

Jadi yang Laptop yang manakah yang cocok untuk sobat? silahkan dipilih dan disesuaikan dengan keuangan sobat.

semoga bermamfaat,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box