• Translate

5/25/2015

Penerus Android Lollipop : Android M, Lastest Google Android OS

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Penerus Android Lollipop : Android M, Lastest Google Android OS | Meskipun masih terlalu dini, isu-isu soal penerus Android Lollipop sudah terdengar seantero jagat raya :) . Bahkan disebut-sebut Google akan mengumumkannya pada penghujung bulan Mei 2015.

Adapun acara yang akan dijadikan waktu kelahiran Android M adalah pada event Google I/O yang akan digelar mulai 28 Mei. Sayang tak ada informasi soal seperti apa Android M nantinya, tapi yang pasti dikatakan penerus Android Lollipop akan punya siklus waktu yang lebih panjang.

Karena disebutkan Google pasti menjamin update untuk Android M hingga 2 tahun semenjak diluncurkan nantinya. Selain itu Google juga menjamin security patch untuk Android M sampai 3 tahun ke depan.
Penerus Android Lollipop : Android M, Lastest Google Android OS

Sejauh ini nama panjang dari Android M sendiri masih belum jelas. Ada yang bilang huruf M yang diusungnya bakal mewakili Muffin, sementara informasi lainnya mengatakan huruf M tersebut berarti Marshmallow. kalau menurut sobat M itu apa ya?

Seperti VR-Zone katakan, Senin (25/5/2015), Android M juga dikatakan tak akan hadir untuk semua perangkat Nexus. Jadi disebutkan hanya perangkat Nexus yang diluncurkan tahun 2013 ke atas saja yang akan bisa merasakannya.

Bila benar artinya Nexus 4, Nexus 7 2012, dan Nexus 10 tak akan bisa secara resmi menggunakan Android M.

Meski hingga kini belum diketahui nama resmi maupun fitur yang diusung Android M. Banyak pengguna berharap kemampuannya melebihi Lollipop yang saat ini sudah tergolong memuaskan. Selain itu, turut pula dinantikan aksi Google membawa sejumlah fitur anyar di sistem operasi mobilenya. Dikutip dari laman PC Advisor, Selasa (19/5/2015), berikut 7 hal atau fitur yang ingin dilihat di Android M.

► Performa
Seperti diungkapkan di atas, hampir seluruh pengguna mengaku puas akan kemampuan Android Lollipop. Namun semua berharap hal tersebut tidak membuat Google berhenti berinovasi. Sehingga Android M memiliki performa yang jauh lebih baik dan optimal dari generasi sebelumnya.


► Sinkronisasi Notifikasi
Salah satu hal yang menganggu memiliki banyak perangkat adalah kerap kali mendapatkan notifikasi yang sama. Meski notifikasi di salah satu perangkat telah direspons. Tapi masih dihadapkan notifikasi yang sama di perangkat lainnya.

Sinkronisasi Notifikasi
Semoga saja, Android M membawa fitur sinkronisasi notifikasi. Jadi cukup merespons di salah satu notifikasi saja.

► Parental Control
Android memungkinkan pengguna memakai banyak akun dalam satu perangkat. Ini fitur yang sangat berguna, terutama untuk kalangan orangtua. Sehingga mereka dapat membuat akun untuk anak yang membatasi akses ke aplikasi dan konten tertentu.


Meski demikian, diharapkan Google menamahkan banyak fitur di Parental Control, seperti tersedia opsi batasan waktu akses pada sebuah aplikasi dan dapat menonaktifkan pilihan pembelian.

► Lebih Banyak Gesture
Harus diakui perangkat berbasis Android tidak banyak yang menyediakan smart gesture. Padahal fitur ini cukup dinantikan oleh pengguna, sehingga dapat membantu permudah navigasi pada layar, seperti yang sudah ada, mengetuk ganda untuk membuka layar. Semoga Android M memberikan opsi gesture lebih banyak dan dapat dikustomisasi.


► Kustomisasi
Banyak pengguna berharap Google memberikan lebih banyak kustomisasi pada Android selanjutnya. Paling sederhana adalah pengaturan menu Quick Setting. Akankah lebih menyenangkan bila menu tersebut dapat dikustomisasi oleh pengguna, mulai dari apa yang ingin ditempatkan disana hingga urutannya.


► Lebih Hemat Daya ( Baterai )
Google telah membawa fitur hemat daya pada Android Lollipop. Semoga di Android M, kemampuan dalam menghemat daya lebih baik lagi. Serta turut disematkannya kemampuan charger lebih cepat.


► Enterprise
Dengan kerjasama antara Apple dan IBM, harusnya membuat Google semakin fokus pada kebutuhan kalangan Enterprise. Waktu yang tepat membawa lebih banyak fitur enterprise di Android M. Bila tidak, Google akan tertinggal dengan para kompetitor.


Demikianlah sederet fitur-fitur impian yang akan kita nikmati kedepannya, semoga saja lebih baik dari versi sebelumnya. kalau menurut sobat bagaimana dengan fitur-fitur diatas? apa ada perbedaan dengan smartphone android yang sobat gunakan sekarang ini?

Semoga Bermamfaat,


Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box