• Translate

8/02/2015

5 Fitur Paling Menarik di Windows 10

Tutorial Software |

Advertisement

5 Fitur Paling Menarik di Windows 10 | Microsoft mengembalikan keinginan dari pengguna Windows yaitu mengembalikan tombol start dengan fungsi dan tampilan desain yang lebih futuristik, bukan itu saja sobat, microsoft juga memberikan banyak hal menarik lainnya di windows 10, dan dibawah ini adalah 5 Fitur Paling Menarik di Windows 10 yang sudah saya rangkum.

1. Tombol Start Menu yang Familiar.

Tombol Start Menu seakan sudah jadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari OS Windows. Sempat dihilangkan pada OS Windows 8, kini fitur itu akhirnya kembali di Windows 10. Tapi jangan membayangkan menu tombol start konvensional seperti di Window 7, karena di Windows 10 menunya jauh lebih keren dan cantik.

Ketika diklik, tampilan menu tombol start kini lebih mirip seperti start screen kepunyaan Windows 10. Di menu start ini pengguna bisa melakukan personalisasi sesuai kebutuhan. Desain yang diberikan pun bergaya kotak-kotak ala start screen Windows 8.

Kotak-kotak yang sejatinya mewakili aplikasi ini pun bisa diatur sedemikian rupa. Ukurannya bisa dibesar-kecilkan, kemudian aplikasinya juga bisa ditentukan mana yang ingin berada di menu tombol start menu.

Selain itu, Windows 10 juga bisa menjalankan berbagai aplikasi yang sejatinya dibuat untuk OS Windows terdahulu, yang mana kelebihan ini bikin pengguna makin gampang menggunakannya.


2. "Hello Cortana", PC Punya Asisten Digital

Fitur asisten digital memang biasanya di ponsel, tapi tidak demikian di sistem operasi PC. Ya, untuk pertama kalinya sistem operasi PC akhirnya punya fitur asisten digital yang diboyong oleh Windows 10.

Cortana, demikian Microsoft menyebutnya. Fitur ini sebenarnya sudah sejak lama hadir di Windows Phone. Menggunakan fitur ini pengguna Windows 10 bisa menjalankan sesuatu di OS tersebut hanya dengan mengucapkannya.

Shuffle my songs, misalnya perintah yang kita ucapkan ke Cortana. Sesaat kemudian asisten digital ini akan langsung menjalankan koleksi musik yang tersimpan dalam komputer. Oh iya, tapi pastikan ucapkan Hello Cortana terlebih dahulu sebelum minta tolong ke Cortana.

Cortana adalah fitur yang cocok untuk orang yang kesepian, canda Andreas di panggung peluncuran Windows 10. Tapi omongan ini sebenarnya tak sebatas candaan, menurut Andreas, Cortana punya kemampuan mengenali prilaku penggunanya. Jadi semakin sering Cortana dipakai, semakin paham Cortana dengan kebiasaan penggunanya.

Cortana bisa diperbantukan mencari apapun yang ada Windows 10, baik di lokal komputer, misalnya mencari file, ataupun dimintai tolong mencari informasi di internet. Lucunya lagi, Cortana juga bisa diajak bermain. Misalnya ucapkan, tell me a joke, maka cortana akan memberi pengguna sebuah lelucon.

Sayang leluconnya masih yang berbahasa inggris, sehingga bila yang kurang paham akan terasa garing. Mungkin ketika nantinya Cortana sudah bisa bahasa Indonesia bakal lebih menarik. kita tunggu saja hehehe...


3. Continuum, Pilih Mau Pakai PC atau Tablet?

Continuum atau bisa juga dibilang sebagai mode tablet. Jadi fitur ini bisa membuat Windows 10 tahu pengguna pakai komputer berbasis PC atau tablet.

Fitur ini sangat berguna kalau penggunanya pakai notebook jenis hybrid. Ketika berfungsi sebagai notebook, tampilan Windows 10 berada dalam mode desktop. Tapi bila pengguna memfungsikan notebook hybrid-nya sebagai tablet, Windows 10 akan secara otomatis mengubah tampilannya jadi touch screen-friendly.

Kalau diperhatikan, ketika dalam mode Continuum tampilan Windows 10 jadi seperti Windows 8 yang memang dioptimasi untuk perangkat layar sentuh. Dengan begitu pengguna jadi lebih mudah menggunakannya ketimbang tampilan ala desktop PC.

Mode Continuum akan berlaku secara otomatis ketika pengguna melepas keyboard dari layar notebook hybrid. dan apabila pengguna lebih suka memilih mode tablet secara manual, pilihannya bisa diakses melalui menu yang tersedia.


4. Virtual Desktop

Kebanyakan ikon di desktop atau kebanyakan tab di taskbar? Masalah semacam ini sekarang bisa dengan mudah diatasi di Windows 10. Ada fitur yang namanya Virtual Desktop. Jadi di Windows 10, pengguna bisa punya lebih dari satu tampilan desktop.

Pengguna bisa mempersonalisasi masing-masing tampilan desktop sesuai kebutuhan. Misalnya tampilan desktop pertama isinya adalah berbagai aplikasi untuk pekerjaan, sedangkan yang kedua adalah untuk hiburan atau multimedia, sementara itu yang ketiga khusus game.

Dengan begitu pengguna tak akan lagi ribet karena terlalu banyak tab di taskbar. Persoalan bejibunnya ikon di layar desktop juga bakal terselesaikan dengan virtual desktop, karena masing-masing tampilan desktop jadi punya peruntukkannya masing-masing.


5. Microsoft Edge, Penerus Internet Explorer 

Sebagai pengganti browser Internet Explorer (IE), Microsoft sangat membangga-banggakan Microsoft Edge. Sekilas tampilan browser ini tak terlalu berbeda dengan IE, tapi ada fitur yang tak dimiliki browser lawas Microsoft tersebut.

Salah satunya adalah kemampuan melingkari objek dengan cara mencoretnya langsung di layar browser, atau bahkan menulis pesan. Kelebihan ini diyakini bisa membantu pengguna bila ingin berbagi informasi secara spesifik soal website yang tengah dibukanya.

Selanjutnya objek di website yang telah dilingkari tersebut bisa langsung di-share melalui email atau layanan lainnya. 

Kelebihan lain Microsoft Edge adalah sudah dibenamkannya Cortana. Jadi kalau malas mengetik untuk mencari sesuatu, pengguna tinggal mengucapkannya saja maka Cortana yang akan mencarinya di internet. wow mantap bukan?!

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.