• Translate

9/13/2015

Software Untuk Mencari Kesalahan Pada Kode PHP (Debugging)

Tutorial PHP | Tutorial Software |

Advertisement

Software Untuk Mencari Kesalahan Pada Kode PHP (Debugging) | Bahasa pemograman PHP adalah sebuah server-side scripting yang diciptakan pada tahun 1995 dan dirancang untuk pengembangan web. PHP dapat dengan mudah digabungkan dengan HTML dan dapat digunakan dengan berbagai template engine dan framework. Kode PHP biasanya diproses oleh PHP interpreter, yang biasanya diimplementasikan sebagai modul asli dari server web atau Common Gateway Interface (CGI) executable.

Untuk Membuat Sebuah Kode Program dengan PHP tidaklah mudah, terkadang banyak programmer melakukan kesalahn dalam penulisan kode PHP. Kode yang dibuat biasanya tidak sedikit, bisa terdiri dari puluhan sampai ratusan file yang berisi ribuan baris kode program. dengan banyaknya kode yang dibuat apabila menemukan kesalahan pasti akan sangat sulit untuk menemukan letak kesalahnya.

Dibutuhkan sebuah alat debugging untuk membantu mencari kesalahan dengan mudah dan mengurangi jumlah bug. Berikut ini beberapa alat (software) untuk debug script PHP Sobat.

  • Pinba
    Pinba adalah mesin penyimpanan MySQL open source dan tujuan utamanya adalah untuk membantu pengembangan web guna memantau semua kinerja script PHP. Alat ini bertindak sebagai real time monitoring server untuk PHP dan MySQL.
  • Whoops
    Whoops merupakan sebuah PHP library untuk menangani exceptions, Whoops terbukti menjadi debugger yang sangat kompeten. Kesalahan ditangani di tumpukan menggunakan antarmuka yang mudah untuk dipahami dan enak untuk dilihat. Dilengkapi juga dengan API. Whoops mudah dikonfigurasi dan memiliki fitur yang user-friendly.
Whoops merupakan sebuah PHP library untuk menangani exceptions
image : www.jurnalweb.com
  • Xdebug
    Xdebug pada dasarnya merupakan perluasan yang disediakan oleh platform PHP untuk orang-orang yang ingin terhindar dari kesalahan dan mencari cara yang sangat efektif untuk debug mereka. Alat ini juga merupakan alat yang dibuat untuk profiling skrip PHP. Alat ini hanya sebatas extension/perluasan saja, mengakses dan menggunakannya tidaklah sulit.
  • Krumo
    Krumo adalah contoh yang bagus dari alat debugging, yang menampilkan informasi tentang struktur variabel PHP. 
  • Kint
    Kint adalah sebuah open source debugger, Kint adalah alternatif yang bagus untuk debugger yang lebih populer seperti var_dump, webgrind, dan lainnya. Alat ini tidak memerlukan banyak pengaturan namun sangat efisien. Kint adalah alat yang intuitif untuk mendeteksi tipe data yang di dump. 
Kint adalah sebuah open source debugger, Kint adalah alternatif yang bagus untuk debugger yang lebih populer seperti var_dump, webgrind, dan lainnya
  • PHPMD
    PHPMD adalah alat yang bagus untuk mendapatkan kode sumber dan menemukan kesalahan-kesalahan yang ada di kode tersebut. Setiap jenis kesalahan dapat diselesaikan dengan mudah dengan pembatasan pendefinisian aturan. 
PHPMD adalah alat yang bagus untuk mendapatkan kode sumber dan menemukan kesalahan-kesalahan yang ada di kode

  • PHP Debug Bar
    PHP Debug Bar adalah salah satu alat lainnya yang sangat baik untuk proyek-proyek web Sobat dan dapat menampilkan data dari semua jenis aplikasi web.
Semoga Software diatas bisa membantu Sobat para programmer PHP untuk menemukan kesalahan-kesalahan atau error yang ada pada script yang telah Sobat tulis dan akhirnya bisa membuat sebuah produk yang bebas dari bug.

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.