• Translate

10/30/2015

Fitur-Fitur Di Ponsel Jadul Yang Bikin Kangen

Tutorial Smartphone |

Advertisement

Fitur-Fitur Di Ponsel Jadul Yang Bikin Kangen | Tidak terasa waktu sudah lama berjalan, jadi ingat waktu dulu hanya memiliki ponsel yang bisa dibilang sangat jauh dari perkembangan teknologi sekarang ini. namun, rasanya ingin kembali lagi ke zaman ponsel jadul dimana pada awal 1990-2000 an tidak semua anak muda memilik ponsel ini. nostalgia yuk..!!

Ada beberapa fitur di ponsel jadul seperti nokia 3310, siemens dan lain-lain yang sudah pasti tidak ada di ponsel zaman sekarang yang serba touch screen, Fitur-Fitur Di Ponsel Jadul Yang Bikin Kangen diantaranya :

1. Ganti Logo Operator
Ponsel masa lalu sebagian besar masih berwarna hitam putih alias monokrom. Namun keterbatasan itu kadang menghadirkan keasyikan tersendiri dan malah memunculkan kreativitas. Misalnya pada bagian menu utama ponsel. Biasanya, tulisan yang tampil di sana salah satunya adalah logo operator yang dipakai. Untuk mempercantik penampilan, logo operator ini bisa diganti dengan gambar atau tulisan. Desainnya pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Ganti Logo Operator

Kelihatan sederhana dibandingkan kustomisasi layar yang sangat beragam pada ponsel zaman sekarang. Namun kala itu sudah menimbulkan hiburan tersendiri.

2. Casing Ponsel Bisa Diganti
Ponsel masa lalu teknologi software dan hardwarenya masih terbatas sehingga tidak banyak yang bisa diunggulkan. Nah, salah satu cara produsen untuk menghadirkan perbedaan adalah dengan casing ponsel yang bisa diganti.

Casing Ponsel Bisa Diganti

Produsen yang giat menawarkan ponsel dengan casing bisa diganti tampaknya adalah Nokia. Siemens, produsen ponsel yang kini sudah bangkrut, juga beberapa kali merilis handset serupa. Malah, Nokia pernah punya ide kreatif. Yakni merilis ponsel di mana casingnya bisa dimasuki kertas yang didesain sesuai dengan keinginan penggunanya.

Memang saat ini, beberapa smartphone juga bisa diganti casingnya. Namun gaung fitur tersebut tidak lagi seheboh zaman dahulu.

3. Baterai Tahan Lama
Begitu banyaknya fitur dan layar besar membuat smartphone masa kini haus baterai. Hal itu tidak terjadi pada ponsel keluaran masa lalu.

Fitur sederhana dan layar hitam putih membuat ponsel masa lalu garang dalam soal baterai. Cukup sekali isi ulang bisa bertahan sampai berhari-hari. Philips pernah membanggakan seri Xenium yang dibekali baterai sangat tahan lama. Seri keluaran Nokia, Samsung ataupun Motorola juga rata-rata punya baterai awet. Jadi, tidak perlu kesusahan jika charger ketinggalan. Tidak perlu juga membawa bawa power bank.

4. Game Snake & Space Impact
Game ponsel masa lalu jelas tidak ada apa-apanya dibandingkan ponsel masa kini yang dibekali grafis maupun sistem permainan tingkat tinggi. Namun jangan salah, game masa lalu bisa juga bikin kecanduan.

Space Impact di NOKIA 3310 dan 3315

Sebut saja Snake atau Space Impact. Keduanya adalah game yang biasanya sudah terinstall dalam ponsel Nokia. Dalam Snake, pemain bertugas membuat tubuh ular menjadi panjang tanpa menabrak. Space Impact menghadirkan pesawat terbang yang menembaki musuh.

5. Ringtone Composer
Ponsel jadul biasanya hanya memiliki nada suara sederhana atau monoponik. Meski ala kadarnya, nada suara ini pernah menghadirkan keasyikan tersendiri.

Yakni dalam fitur yang disebut sebagai ringtone composer. Dengan fitur yang satu ini, pengguna bisa membuat nada dering yang bermacam-macam. Bahkan, ada buku yang berisi khusus cara membuat nada dering dengan irama lagu-lagu terkenal. Dulu, buku semacam ini cukup laris.

Biasanya, ringtone composer sudah ada sebagai fitur bawaan di ponsel zaman dulu. Terutama di handset-handset keluaran Nokia.

6. Tahan Banting
Tanpa dilabeli tahan banting, ponsel masa lalu biasanya punya desain yang cukup tangguh. Terjatuh berkali kalipun, si ponsel biasanya selamat.

Beda dengan smartphone masa kini yang biasanya bikin cemas. Jika terjatuh ke lantai, bukan tidak mungkin layar sentuhnya yang mahal rusak. Beda kejadiannya dengan ponsel masa lalu, sebut saja Nokia 3310. Bahkan sampai beberapa generasi dan terjatuh berkali kalipun, masih ada yang mampu bertahan hidup.

Jika bentuknya menjadi tidak karuan atau casingnya merenggang, itu hal biasa. Ada pengguna yang mengakalinya dengan memasang karet atau selotip untuk merekatkan bodi ponsel. ☺

7. Desain Unik
Ponsel, terutama smartphone masa kini boleh dibilang punya desain seragam. Biasanya dengan layar sentuh berukuran besar dan sedikit tombol saja.

Desain Unik Nokia 6800
Beda dengan ponsel dari masa dahulu kala. Desainnya sangat beragam, malah beberapa terlihat aneh. Terutama Nokia yang ketika itu berstatus produsen ponsel terbesar di dunia. Mereka sangat rajin merilis ponsel dengan desain nyleneh.

Tengok saja Nokia 6800 di atas. Desainnya memadukan ponsel candybar dipadukan keybard full qwerty. Unik bukan?

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box