• Translate

11/25/2015

Cara Membuat Database MySQL Dengan Script PHP

Tutorial PHP |

Advertisement

Cara Membuat Database MySQL Dengan Script PHP | Tutorial ini saya buat hanya sebagai pengingat saja untuk saya, ingat ilmu boleh bertambah, tapi ilmu berawal dari mana jangan pernah dilupakan!

Membuat Database pada dasarnya bisa dilakukan melalui PHPMyAdmin, misalnya sobat ingin membuat database tentang CMS tinggal sobat create di PHPMyAdmin. Namun, dengan alasan untuk keperluan pemrograman tentu sobat perlu membuat script untuk pembuatan database misalnya untuk proses installasi CMS yang sedang sobat kembangkan.

Cara Membuat Database MySQL Dengan Script PHP

Berikut adalah script PHP singkat untuk membuat databse MySQL dengan PHP. Pada proses pembuatan database ini menggunakan ekstensi MySQLi, Karena ekstensi MySQL Sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 2012.

<?php
# Variables
$servername = "localhost";
$username = "root";
$password = "root";

# Check Database
$db = new mysqli($servername, $username, $password);

if($db->connect_error){
    die('Koneksi Gagal: ' . $db->connect_error);
}

# Query SQL to create a new database
$sql = "CREATE DATABASE CV";

if ($db->query($sql) === TRUE) {
    echo "Database Berhasil Dibuat";
} else {
    echo "Database Gagal Dibuat: " . $db->error;
}
?>
Pada script pertama (#Cek Database) diatas berfungsi untuk proses pengecekan database, apakah berhasil terkoneksi atau tidak, jika koneksi berhasil maka akan dilanjutkan dengan perintah mengeksekusi query MySQL.

Jika Proses eksekusi berhasil maka akan ditampilkan pemberitahuan bahwa "database berhasil dibuat" dan sebaliknya apabila gagal mengesekusi dalam membuat database maka pemberitahuan "database gagal dibuat".


Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box