• Translate

11/23/2015

Yuk, Cek Website dan Blog Sobat Berbahaya atau Tidak

Tutorial Blogspot |

Advertisement

Cara Cek Website dan Blog Sobat Berbahaya atau Tidak Menurut Google dan Cara Mengatasinya | Sobat mungkin sering browsing internet menggunakan Google Chrome, atau melakukan pencarian untuk sebuah kata kunci menggunakan mesin pencari (search engine) Google. Setiap kali sobat mengetikan kata kunci, maka Google akan menampilkan berbagai website yang berkaitan dengan kata kunci tersebut.

Ketika Sobat klik sebuah link yang ditampilkan Google dalam hasil pencarian dan kemudian Sobat mendapatkan notifikasi atau halaman merah yang isinya berupa peringatan bahwa situs tersebut bisa membahayakan PC atau Device Sobat jika dibuka. Berbahaya bisa karena malw4re, sp4m, v1rus atau hal berbahaya lainnya.

Google memang memiliki sistem tersendiri untuk mengecek apakah sebuah website berbahaya atau tidak, dan mereka menanamkan sistem tersebut di Google Chrome sehingga tampilan merah bisa muncul. Namun banyak orang menganggap sepele hal tersebut, karena biasanya tidak ada penjelasan khusus tentang mengapa website tersebut dianggap berbahaya.

Nah, bagaimana caranya jika ingin mengetahui apakah website seseorang berbahaya atau tidak? dan apa penyebabnya?

Cara Cek Website Sobat Berbahaya atau Tidak Menurut Google dan cara mengatasinya
Dan ternyata Google memiliki sebuah alat yang bisa digunakan oleh setiap orang untuk mengecek apakah sebuah website termasuk berbahaya atau tidak.

Sobat bisa mengunjungi Google Transparency Report | Safe Browsing Site Status.

Disana Sobat bisa memasukan alamat website dan nanti Google akan memberitahukan apakah website tersebut berbahaya atau tidak, Google juga akan memberikan penjelasan tentang celah dan status keamanan, penyebab kerusakan, serta dimana web hosting yang digunakan website tersebut.

Semoga tulisan ini berguna untuk Sobat yang memiliki situs yang dianggap berbahaya oleh Google, dan semoga masalah Sobat cepat teratasi dengan bantuan alat dari Google tersebut.

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box