• Translate

2/01/2016

6 Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Tutorial Lifestyle |

Advertisement

6 Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan | Musim yang ditakuti oleh sebagian masyarakat indonesia adalah musim hujan, mengapa? karena musim hujan adalah musim dimana sebagian wilayah di Indonesia sering terkena musibah banjir. kalau tidak kena banjir pasti masalah lain yang akan dihadapi oleh penduduk Indonesia misalnya atap bocor atau saluran air yang mampet karena sampah-sampah yang terlupakan seperti daun-daun kering yang berada disaluran air.

Untuk mengantisipasi hal diatas silahkan diikuti tips dibawah ini mengenai 6 bagian rumah yang harus diperhatikan saat musim hujan.
  • Atap Rumah dan Plafon
    6 Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan
    Bagian yang satu ini memang harus dicek secara berkala. Terlebih lagi, atap rumah masih memakai genting bata yang rentan pecah. Permasalahan yang sering muncul adalah kebocoran. Tidak hanya itu, keadaan atap yang sudah rusak, bisa menjadi jalan untuk masuknya tikus dan menjadi tempat bersarangnya hama lain. Jika sudah seperti itu, Anda harus langsung memperbaikinya agar kerusakan tidak tambah parah dan tidak menjadi sarang bagi hama yang ada.

  • Saluran Air
    6 Bagian Rumah Yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan
    Perhatikan saluran air yang ada dirumah anda! Saat musim kemarau berlangsung, biasanya kita terlena dengan aktivitas yang lain sehingga tidak memperhatikan saluran air apakah dipenuhi daun kering yang tertiup angin atau yang lainnya. Siapa sangka jika kelalaian tersebut bisa membuat saluran air tersumbat dan akan menimbulkan masalah pada musim hujan? Tidak hanya itu, saluran air terkadang mengalami keretakan sehingga bocor. Agar tidak semakin parah, ada baiknya Anda mengecek saluran air secara rutin.
  • Dinding
    Dinding juga termasuk dalam 6 bagian rumah yang penting diperhatikan di musim hujan. hal ini berkaitan dengan bocornya atap rumah. Ketika atap rumah bocor, kadang air mengalir (merembes) melewati dinding. Ini akan membuat tampilan dinding menjadi jelek. Tidak sedikit juga dinding menjadi lembap dan akhirnya ditumbuhi jamur.





  • Talang Air
    Posisinya berada di bagian ujung jalan air, talang, baik jenis dari beton maupun karpet, seringkali menimbulkan masalah. Sambungan antar-bangunan atau bagian-bagian yang sering terjadi pergerakan biasanya menjadi sumber kebocoran. Untuk kebocoran di lubang pembuangan, biasanya sudah dimulai pada proses pembuatan sehingga harus diperhatikan.



  • Lantai
    Mungkin, bagi sebagian orang, lantai tidak “terlalu penting”. Namun, dalam beberapa kasus, ada lantai yang retak, pecah, menggelembung, bahkan “meledak”. Ya, hal tersebut bisa saja terjadi karena beberapa hal diantaranya semen sebagai perekat keramik tak dapat berfungsi dengan baik, pada bagian bawah keramik tersebut kondisinya terlalu basah, lembap serta berjamur, dan lantai keramik tersebut pernah terkena banjir, dan mengakibatkan tanah dan lapisan semen di bawahnya menjadi turun. Tidak hanya itu, pemuaian karena cuaca yang tidak menentu pun bisa menjadi penyebab. Lakukan pengecekan pada lantai. Caranya mudah, cukup ketok lantai. Apabila terdapat rongga, lantai akan “berbunyi”. Itu adalah tanda untuk memperbaiki lantai.
  • Pencahayaan & Instalasi Listrik Di Rumah
    Pencahayaan biasanya akan berhubungan dengan penggunaan listrik di rumah. Ini sangat penting diperhatikan karena jika tidak, dapat menimbulkan korslet listrik. Lalu, hal tersebut pun bisa membuat kebakaran rumah. Tentu Anda tidak mau itu terjadi, bukan? Namun, selain pencahayaan, Anda juga perlu melihat bagian-bagian rumah yang dialiri arus listrik.



Semoga Bermanfaat..!!

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.