• Translate

2/07/2016

7 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Sakit

Tutorial Food and Health |

Advertisement

7 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Sakit | Sakit adalah gangguan dalam fungsi normal individu sebagai totalitas termasuk keadaan organisme sebagai sistem biologis dan penyesuaian sosialnya (Menurut Pemons, 1972). sedangkan Menurut Perkins, Sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.

Saat sedang tidak enak badan, baik itu karena flu, pilek, demam atau diare, makan apapun jadi terasa tidak nikmat dan makanan jadi berkurang kelezatannya. Padahal selain minum obat, ketika sakit tubuh Anda juga harus diberi asupan makanan bergizi namun ‘bersahabat’ dengan lambung. Seperti dikutip dari wolipop.detik.com, ini beberapa makanan yang bisa membantu mempercepat penyembuhan di kala sakit dan nyaman bagi tubuh saat dikonsumsi.
  • Sup Kaldu Ayam
    Sejak dulu sup ayam dipercaya sangat baik untuk penyembuhan sakit pilek maupun demam. Ayam mengandung asam amino yang disebut cysteine yang membantu mencairkan lendir di paru-paru sehingga lebih mudah dikeluarkan. Sup ayam juga membantu saluran pernapasan lebih lega, mencegah dehidrasi dan mengatasi peradangan di tenggorokan.

  • Teh Panas
    Cairan panas bisa menyamankan tenggorokan yang sakit dan memperbaiki sistem pencernaan yang terganggu. Minumlah teh panas yang baru diseduh karena masih mengandung banyak antioksidan untuk melawan infeksi sekaligus menguatkan daya tahan tubuh dan melegakan hidung mampet. Jika Anda tidak terlalu suka teh, bisa diganti dengan air panas dan perasan lemon. Lemon mengandung vitamin C yang juga memperkuat sistem imun.
  • Buah Citrus
    Kelompok buah citrus seperti jeruk oranye, lemon atau jeruk nipis kaya akan vitamin C yang terkenal akan khasiatnya menyembuhkan flu. Lapisan putih tipis seperti jaring, yang biasa melapisi buah oranye, lemon atau jeruk Bali saat dikupas ternyata punya kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan.


  • Makanan Pedas
    Saat melahap makanan pedas, biasanya mata dan hidung akan berair. Itu karena efek decongestan yang meredakan pembengkakan maupun rasa sakit. Makanlah bubuk cabai, potongan cabai rawit, wasabi atau makanan pedas lainnya untuk membantu meredakan gejala pilek dan hidung mampet.



  • Kraker dan Roti Panggang
    Saat terkena masalah pencernaan, baik itu maag, mual atau diare, konsumsilah makanan ringan yang sehat. Kraker tanpa atau sedikit garam dan roti panggang cenderung mudah dicerna tubuh. Makanan berkarbohidrat ini bisa mengurangi rasa mual dan membantu menstabilkan pencernaan. Biasanya akan sangat membantu setelah muntah karena terasa nyaman di perut.

  • Pisang
    Pisang kaya akan potassium yang bisa menstabilkan pencernaan setelah muntah atau diare. Buah ini mudah dicerna, membantu menurunkan temperatur tubuh dan menggantikan elektrolit yang hilang karena diare atau muntah-muntah.


  • Jahe
    Sejumlah penelitian telah menunjukkan kalau jahe sangat efektif mencegah dan meredakan mual serta gangguan lainnya pada perut. Seperti sembelit, perut kembung atau muntah-muntah. Minum teh jahe atau ginger ale (minuman soda rasa jahe) bisa membantu menyamankan perut yang bermasalah.



itulah 7 Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Sakit, Semoga Bermanfaat.. ☺

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
Comment
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.