• Translate

2/02/2016

Inilah 6 Bandara Paling Unik Di Dunia

Tutorial Travel |

Advertisement

Inilah 6 Bandara Paling Unik Di Dunia | Bandara adalah tempat dimana pesawat lepas landas dan mendarat, bandara sendiri dibagi menjadi dua macam yaitu bandara besar dan kecil. untuk bandara kecil biasanya hanya menyediakan landasan pacu untuk pesawat kecil saja dan satu menara operator. untuk bandara besar biasanya memiliki bermacam-macam fasilitas seperti ruang tunggu, cafe, toilet, dan tentu saja penunjang lainnya untuk kenyamanan para penumpang sebelum lepas landas.

bandara biasa terletak di tempat yang strategis dan jauh dari keramaian, tapi tidak dengan bandara yang saya sebutkan dibawah ini, selain ditempat yang ramai dan juga ditempat yang bisa dibilang unik untuk dijadikan bandara, silahkan diikuti ulasan saya berikut ini : 
  • Princess Juliana International Airport
    Princess Juliana International Airport
    Bandara Princess Juliana memiliki landasan sangat dekat dengan pantai dipenuhi oleh para wisatawan. Walaupun belum pernah ada kecelakaan serius mengakibatkan korban jiwa, tetapi baik saat tinggal landas maupun saat mendarat semburan jet (Jet blast) dari pesawat-pesawat tersebut dapat menyebabkan kecelakaan fatal bagi turis. Pertanyaanya adalah mengapa bandara Princess Juliana masih digunakan, bahkan untuk penerbangan komersial ? Jawabannya adalah bagaimanapun juga tetap bandara Princess Juliana adalah tempat paling aman untuk penerbangan dari seluruh lokasi di pulau ini.
  • Juancho E. Yrausquin Airport
    Juancho E. Yrausquin Airport
    Bandara Juancho E. Yrausquin adalah satu-satunya bandara di pulau Saba di kepulauan Karibia. Bandara Juancho E. Yrausquin sangat terkenal dengan bagaimana cara pesawat dapat take off dari landasan. Bandara Juancho E. Yrausquin memiliki porsi besar dalam melayani penerbangan di pulau Saba. Beberapa pakar penerbangan memiliki opini bahwa Bandara Juancho E. Yrausquin merupakan salah satu bandara paling berbahaya dan unik di dunia walaupun tidak ada tragedi besar terjadi. Di ujung landasan terdapat huruf X besar, menandakan bahwa Bandara Juancho E. Yrausquin tidak untuk penerbangan komersial. Bahaya datang dari kondisi geografis dari bandara itu sendiri, di satu sisi bukit tinggi dan di kedua ujung landasan terdapat jurang langsung menuju lautan. Sangat berbahaya bagi pesawat dengan kemungkinan tidak dapat mendarat karena menabrak jurang atau kurang tenaga untuk take off.
  • Tenzing-Hillary Airport
    Tenzing-Hillary Airport
    Bandara Tenzing-Hillary di Nepal, seperti tampak pada foto di atas, dibangun untuk petualangan. Terletak di kota Lukla di ketinggian Pegunungan Himalaya, bandara dengan landas pacu sepanjang 460 meter ini memiliki landasan yang curam, menanjak 12 persen, membuatnya hanya bisa diakses oleh helikopter dan pesawat kecil bersayap tetap. Di utara landasan, terdapat gunung dan di selatan terdapat jurang curam sedalam hampir 600 meter, tak menyisakan ruang sama sekali buat kesalahan pendaratan. Landasan yang serba mini menjadi jalan masuk bagi pendaki gunung yang penasaran untuk mendaki puncak tertinggi dunia. "Ini adalah tempat pendaratan sebagian besar pendaki Everest," kata pengguna Quora, Amy Robinson.

    "Ini merupakan salah satu bandara paling berbahaya di dunia," kata dia.

    Mungkin pantas jika bandara itu dinamakan berdasarkan petualang paling terkenal di wilayah itu, Sir Edmund Hillary dan Sherpa Tenzing Norgay, orang-orang pertama yang mencapai puncak Gunung Everest.
  • Gibraltar Airport
    Gibraltar Airport
    Airport ini terletak di kota gibraltar, salah satu pulau yang termasuk dalam persemakmuran inggris, ia terletak di bagian barat daya Eropa, tepatnya di bagian selatan pesisir Spanyol. keunikan airport ini seperti yang bisa kita lihat di gambar, dimana di airport ini terdapat jalan raya yang menghubungkan 2 sisi kota, dan terletak di tengah-tengah runway airport tersebut. Jika di Indonesia rel kereta api yang melintang di jalan raya tapi kalau disini run away pesawat.
  • Kansai internasional Airport
    Kansai internasional Airport
    Kansai International Airport merupakan bandara pertama di Jepang yang dibangun di tengah laut dalam bentuk seperti pulau buatan. Bandara ini pertama kali dibuka untuk umum pada 4 September 1994. Sejarah pembangunan bandara ini bermula pada awal tahun 1960 ketika Bandara Narita di Tokyo tidak mampu lagi untuk menampung jumlah penumpang yang akan diberangkatkan. Pengembang kemudian menyusun sebuah rencana pembangunan bandara baru yang akan dibangun dekat dengan kota Kobe dan kota Osaka. Rencananya bandara baru tersebut akan diberi nama Osaka International Airport.

    Pembangunan bandara ini urung dilaksanakan karena banyaknya protes yang berkaitan dengan polusi udara yang akan ditimbulkan bila pembangunan bandara ini jadi dilaksanakan. Untuk mengatasi permasalahan ini, pengembang pun mengusulkan agar bandara baru yang nanti akan dibangun tidak berada di tengah pemukiman penduduk, tetapi dipindahkan ke daerah yang dampak kerusakan lingkungannya relatif kecil jika pembangunan bandara ini jadi dilaksanakan, Pembangunan bandara pun tetap dilaksanakan dengan tempat pembangunan dilaksanakan di Osaka Bay yang relatif jauh dari pemukiman penduduk.
  • Barra Airport
    Barra Airport
    Bandara Barra, Skotlandia, merupakan sebuah landasan pesawat terbang yang sangat unik. Bagaimana tidak, landas pacu bandara ini tak akan terlihat saat laut tengah pasang sehingga jadwal penerbangan di bandara ini disesuaikan dengan waktu pasang surut air laut.

    "Bandara ini unik, hanya satu-satunya di dunia. Pesawat yang terjadwal menggunakan pantai sebagai landasan," kata pengguna Quora, Amit Kushwaha. Dengan demikian, jadwal penerbangan ditentukan oleh arus pasang surut air laut.

    Terletak di teluk dangkal di Pantai Traigh Mhor di Pulau Barra di luar Hebrides, landasan bandara ini dibangun berbentuk segitiga dan ditandai oleh tonggak kayu untuk membantu pesawat baling-baling jenis Twin Otter untuk mendarat di pasir.

Itulah 6 Bandara Paling Unik di Dunia menurut saya, Silahkan pilih bandara favorit anda? ☺

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box