• Translate

2/14/2016

Penjelasan TDP (Thermal Design Power) Pada Processor dan Vga Card

Tutorial Hardware |

Advertisement

Penjelasan TDP (Thermal Design Power) Pada Processor dan Vga Card | ada yang tahu apa maksud TDP (Thermal Design Power) Pada Processor dan VGA Card? Tutorial mengenai Penjelasan TDP (Thermal Design Power) Pada Processor dan Vga Card ini saya kutip dari www.sutamatamasu.com. Nah, agar tidak berlama-lama lagi berikut akan saya jabarkan mengenai TDP (Thermal Design Power) Pada Processor dan Vga Card.

Saat anda ingin merakit sebuah PC pasti anda akan melihat-lihat dulu di situs belanja online bahan apa saja yang diperlukan untuk merakit sebuah PC , dan anda berhenti sejenak saat anda melihat detail dari katalog yang menjual Processor dan VGA Card. Dan anda melihat sesuatu seperti yang saya lingkari pada gambar dibawah ini :

Penjelasan TDP (Thermal Design Power) Pada Processor dan Vga Card

Dengan Melihat gambar diatas pasti anda akan berasumsi bahwa processor diatas mengkonsumsi daya 65w atau 95w betul bukan ?? memang tidak salah, karena “watt” disini sudah menjadi satuan konsumsi daya yang umum. seperti saat membeli lampu rumah, anda melihat lampu ini berapa “watt” untuk membantu irit tagihan listrik. akan tetapi, untuk TDP tidak bisa menjadikan patokan. karena TDP tidak menggambarkan daya yang di konsumsi oleh processor.

Dalam bahasa yang semudah mungkin, sesuai namanya Thermal Design Power adalah sebuah “Hitungan” yang mengukur panas yang di keluarkan oleh Processor. dengan adanya TDP ini, bukan berarti menandakan Processor A lebih panas daripada B. tapi, bisa membantu dalam memilih mana pendingin yang tepat untuk Processor anda. kenapa harus memakai satuan watt ??

Rumus Menghitung Watt

kembali ke hukum fisika. dimana 1 Joule Per Detik = 1 Watt dimana Joule yang merupakan SI (Standart Internasional) untuk energi dalam hal ini merujuk kepada panas yang di hasilkan processor. jadi apabila ada Processor dengan TDP 95w berarti, Processor tersebut menghasilkan panas sebesar 95 Joule per detik.

Macam-Macam Model Processor
Dari atas kebawah (AMD A/E Series Low Power Jaguar), (AMD Kaveri Laptop), (AMD Kaveri Desktop), (GPU “Tahiti” HD 7970 Ghz/R9 280x).

Hal ini juga terjadi pada Vga Card. dimana di dalam vga card ada Chip Grafis bernama “GPU/Graphics Processing Unit”. Chip GPU yang ada di vga card memiliki TDP dengan rentang dari 20-250W. ya anda tidak salah dengar. kenapa bisa besar ?? ini dikarenakan “Chip GPU” sendiri yang memiliki ukuran lebih besar dibandingkan Processor. contoh anda bisa lihat diatas ini. Chip GPU “Tahiti” yang ada di vga card Radeon HD 7970/R9 280x ini memiliki ukuran lebih besar. karena memang Chip Grafis memiliki jumlah “otak inti” jauh lebih banyak. sampai dengan ratusan unit yang dipakai untuk grafis. karena mengolah grafis sendiri butuh chip yang besar.

Seperti yang dijelaskan diatas, semakin besar TDP maka semakin butuh pendingin besar. TDP ini ditujukan bagi vendor PC build up sebut saja Acer Aspire atau Lenovo Think series dan Laptop sebenarnya. namun, untuk PC rakitan, Anda lah yang membangun PC anda sendiri. maka wajib mengetahui bagaimana caranya memilih pendingin (fan) yang tepat.

Berikut Listnya :
ASUS-Launches-Fanless-Bay-Trail-Based-Motherboard-430372

TDP 10-25w : Memakai Heatsink (alumunium bersayap yang menempel di processor) saja sudah cukup. pakai fan tambahan bagus. walau yang kecil. Processor dengan TDP ini biasa ada di motherboard HTTPC. sebut saja AMD Athlon 5350.

corei5750_hsf3

TDP 45w-65w : Memakai Heatsink bawaan vendor sudah cukup. biasanya berbentuk duduk dengan tanpa memakai “heatpipe/pipa tembaga”. pendingin bawaan Intel contoh realnya.

TDP 45w-65w

TDP 95-125W : Wajib memakai heatsink dengan Heatpipe, contoh seperti Deepcool Gamaxx, Cooler Master Hyper dsb. Processor dengan TDP ini, biasanya di dominasi oleh Processor dengan kelas perfomance. beberapa vendor sudah pasti memberikan heatsink bawaan.
Wraith-amd
Apakah wajib diganti atau atau tidak bisa dilihat dari fan bawaan tergantung dari apabila memakai “Heatpipe” tidak wajib. apabila tidak memakai, maka wajib. salah satunya pendingin bawaan yang bagus adalah AMD dengan Cooler “Wraith” dan Thermal Solution miliknya yang baru saja diilis.

AMD dengan Cooler “Wraith” dan Thermal Solution

TDP 125W- 220W : Langka sekali processor dengan TDP sebesar ini. bisa di hitung dengan jari tangan dan kaki. salah satunya AMD FX 9000 series atau Intel Core i Series. wajib memakai pendingin berbasis Watercooler/LiquidCooler.

Water Cooler
Semoga Bermanfaat,

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box