• Translate

2/03/2016

Risiko Mandi Air Hangat Setiap Hari

Tutorial Food and Health |

Advertisement

Risiko Mandi Air Hangat Setiap Hari | Tujuan dari Mandi adalah untuk membersihkan badan dari debu kotoran dan keringat yang menempel, namun juga untuk membuat badan segar dan nyaman. Mandi menggunakan air hangat memang terasa sangat nyaman bagi tubuh. Sensasi hangat dari air membuat tubuh terasa lebih rileks.

Tapi, mandi menggunakan air hangat tidak dianjurkan dilakukan setiap hari. Apalagi jika sudah menjadi kebiasaan dalam waktu yang lama. Hal ini dikarenakan mandi dengan air hangat justru dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kondisi fisik setelah beraktivitas dan suhu air yang digunakan sangat berpengaruh terhadap hal tersebut. 

Berikut 6 Risiko yang bisa terjadi jika mandi dengan air hangat setiap hari;
  • Sakit Kepala
    Saat mandi menggunakan air hangat, terjadi perbedaan suhu udara dengan suhu air. Hal ini dapat mengakibatkan masalah pada aliran darah dari tubuh menuju otak. Perubahan suhu secara tiba-tiba ini dapat membuat kita merasa sakit kepala atau pusing saat atau setelah mandi. 

  • Gangguan Pencernaan
    Mandi dengan air hangat atau berendam di air hangat setelah makan dapat beresiko pada sistem pencernaan. Umumnya, akan terasa mual dan menyebabkan muntah. Perbedaan suhu udara dan suhu air menyebabkan terganggunya aliran darah dalam tubuh.



  • Memperbesar Pori-Pori
    Suhu air yang hangat atau panas dapat melebarkan pori-pori pada kulit tubuh. Jika mandi dengan air hangat dilakukan setiap hari, maka pori-pori akan semakin sering membuka dan semakin lebar. Jika pori-pori semakin besar maka jerawat akan lebih mudah bermunculan.



  • Menurunkan Kualitas Sperma
    Perkembangan sperma yang baik terjadi pada lingkungan yang dingin. Sebaliknya, lingkungan yang hangat dan cenderung panas membuat sperma lebih lama untuk matang. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, berendam selama 30 menit dalam air hangat dapat menurunkan produksi sperma.



  • Membahayakan Janin
    Mandi air hangat dapat berbahaya pada ibu hamil jika suhu air yang digunakan terlalu panas. Suhu yang cenderung terlalu panas dapat membahayakan janin, apalagi jika terjadi pada awal-awal kehamilan. Resiko yang bisa terjadi yaitu cacat pada bayi yang dilahirkan.




  • Berpotensi Terkena Serangan Jantung
    Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit jantung, mandi air hangat berpotensi menimbulkan serangan jantung. Hal ini bisa terjadi karena perubahan suhu yang mendadak pada tubuh. Perubahan suhu tersebut berdampak pada sirkulasi dan tekanan darah dalam tubuh dan jantung. Apalagi jika air yang kita gunakan tidak sekedar hangat, namun lebih panas.

Melihat banyaknya bahaya yang bisa ditimbulkan dari kebiasaan mandi menggunakan air hangat, sebaiknya tidak dilakukan setiap hari. Mandi dengan air hangat lebih baik dilakukan pada kondisi-kondisi tertentu saja dengan memperhatikan suhu air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu lama berendam. Dengan demikian, manfaat mandi air hangat sebagai sarana relaksasi tubuh dapat lebih terasa dan terhindar dari bahaya-bahaya diatas.

Sumber : log.viva.co.id

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
How to style text in Disqus comments:
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box