• Translate

3/02/2016

Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Pada PC Desktop dan Laptop

Tutorial Hardware |

Advertisement

Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Pada PC Desktop dan Laptop | GPU (Graphics Processing Unit) sesuai dengan namanya yang dalam bahasa indonesia, berarti Unit Pengolah Grafis. yakni sebuah komponen khusus, berupa sebuah “unit” yang bertugas mengolah segala hal yang mengarah ke grafis. baik itu berbentuk Game, Multimedia (Video), Gambar 3D/2D, Animasi 2D/3D dan sebagainya.

Proses GPU (Graphics Processing Unit)
GPU (Graphics Processing Unit) diciptakan untuk menjadi pasangan dari CPU (Central Processing Unit) yang tidak lain adalah Processor PC/Laptop anda. tujuan awalnya diciptakan untuk display saja. tapi, lama kelamaan berkembang sehingga bisa mengolah beberapa perkerjaaan. sehingga membuat CPU/Processor menjadi lebih ringan bebannya.  GPU (Graphics Processing Unit) ini secara kategori dibagi menjadi 3 bagian sebagai berikut :

1. Kartu Grafis Diskrit : biasa disebut vga card, vga external dan sebagainya. untuk kategori ini, mungkin tidak asing lagi untuk kita. hadir sebagai aksesoris tambahan yang di tancapkan ke slot PCIe yang ada di motherboard PC anda agar task baik gaming atau multimedia lebih baik. kartu grafis diskrit ini, secara garis besar memiliki 2 komponen inti yaitu Chipset GPU serta Video Memory (VRAM). Chip GPU di kartu grafis diskrit seperti yang dijelaskan, hadir sebagai “unit” yang mengolah berbagai hal tentang grafis.

R9-290X-bare-580-90-GPU
sebagai contoh gambar diatas, anda bisa lihat adalah bagian dalam kartu grafis Radeon R9 290x. disitu, terlihat Chip GPU “Codename : Hawaii XT” yang hadir bersamaan dengan chipset VRAM yang mengelilinginya. Pada dasarnya GPU sama seperti Processor yaitu membutuhkan “Memory Buffer” khusus, yang disebut umumnya sebagai VRAM (video memory). 

Untuk produsen dari Chipset GPU ini hanya tinggal tersisa dari 2 produsen aktif. yaitu Radeon Technology Group, Divisi dari AMD dengan brand “AMD Radeon” Dan Nvidia Technology Inc dengan brand “Nvidia Geforce”. kedua produsen ini tidak membuat produk kartu grafis jadi, melainkan menyerahkan kepada produsen pihak ketiga. sebut saja Asus, HIS, MSI, PowerColor, Zotac, Digital Alliance, EVGA, Gigabyte dan sebagainya

geforce-laptop

2. Grafis Add-ons sering disebut sebagai GPU Add-ons. biasanya hanya ada di laptop. secara fisik, anda tidak mendapatkan bentuk fisik seperti layaknya kartu grafis. melainkan, hanya sebuah Chip GPU dan VRAM yang sudah tersolder patent di Motherboard. itulah mengapa saat ada yang bertanya, Apakah grafis laptop dapat di upgrade ? jawabanya adalah tidak !!

Contoh Komponen laptop property
Contoh Komponen laptop property by Notebookcheck

Seperti yang anda lihat diatas opsi upgrade tidak memungkinkan. karena, harus membongkar dan mensolder kembali (atau disebut dengan istilah reballing) chip GPU berserta VRAM yang cukup beresiko di lakukan, belum lagi. pihak produsen (AMD/Nvidia) tidak memproduksi secara massal.

socket MXM

Seandainya bisa sekalipun, itu hanya ada di laptop kelas atas saja. sebut saja Asus ROG, Alienware, Clevo, dsb yang sediakan opsi upgrade grafis. ini dikarenakan, grafis yang dipakai adalah memakai kartu grafis diskrit khusus, yang di hubungkan dengan socket “MXM” namun, itu sekali lagi juga terbatas. anda harus mencari lewat ebay. vga card mana yang cocok. biasanya terdiri dari bekasan laptop lain juga. karena pihak AMD/Nvidia. tidak secara resmi menjual vga card jenis ini.

3. GPU Terdedikasi, biasa disebut sebagai grafis terintregrasi. dengan perkembangan teknologi, Processor yang semula. hanya bertugas sebagai Central Processing Unit “CPU” alias mengolah aplikasi harian, termasuk OS itu sendiri. di zaman ini, Chipset GPU bisa di aplikasikan ke dalam Processor itu sendiri. sehingga saat anda membeli Processor. otomatis, anda bisa langsung main game, setel video Full HD dan sebagainya. walau, grafis jenis ini, tidak powerfull seperti grafis diskrit/grafis add-ons. namun, perlahan tapi pasti akan berkembang.

Kiri adalah chipset Norhtbridge berdampingan dengan chip Processor di sebelah kanan.
GPU terintregrasi ini umumnya memiliki karakteristik yang sama yaitu pertama terintregrasi dengan Chip Processor (disebut Intregrated Graphics Processor aka IGP) atau terpisah dengan Processor. namun, terintregrasi dengan Chipset Northbridge yang berdampingan dengan Memory Controller (untuk mengatur Ram) (disebut umumnya sebagai grafis onboard).

Sama seperti Chip GPU lainya, GPU yang ada di Processor juga butuh memory VRAM. namun, darimana kah? jawabanya tidak lain adalah mengambil dari Memory RAM PC yang anda pakai. sebagai contoh anda bisa lihat diatas. ini adalah kasus umum, yang biasa ada di masyarakat. kenapa kok memory 8 GB saya. 1 GB jadi usable ??

memory-ram-usable

jawabanya adalah kemungkinan besar, karena anda memakai Processor dengan grafis terintregrasi. seperti saya memakai Processor AMD A10 6800K memiliki GPU berbasis AMD Radeon HD 8670D. GPU yang ada di Processor AMD A10 ini, memakai VRAM sebesar 1 GB. dan mengambil dari RAM PC. jadi hanya tersisa 7 GB untuk sistem. bagi anda yang menggunakan PC dengan Grafis dedikasi, disarankan. untuk memakai VRAM paling minim 4 GB. karena nantinya akan terpotong (minimal 256 MB- 2 GB).

Berikut beberapa contoh grafis terintregrasi :
1. Grafis Onboard :
  • Intel GMA : Grafis terintregrasi yang ada pada Chipset Northbridge yang ada pada chipset Intel yang ada pada Processor Intel Core 2 series/Pentium D atau Celeron D lawas,/Pentium 4/Intel Atom lawas.
  • Radeon X Series : Grafis terintregrasi yang ada pada Chipset Northbridge yang ada pada Chipset AMD yang ada pada Processor AMD Phenom/Athlon/Sempron/Duron dsb.
  • Chrome HD : Grafis terintregrasi yang ada pada Chipset VIA baik baru ataupun lawas, untuk Processor VIA inc (pernah jaya dahulu).
2. Grafis IGP :
  • Intel HD Graphics : Grafis terintregrasi yang ada pada Processor Intel Core i Series, Intel Pentium G series (generasi terbaru), Intel Celeron G series (Generasi Terbaru), Intel Celeron/Pentium Quad Core J series.
  • AMD Radeon D series : Grafis terintregrasi yang ada di Processor AMD APU Generasi Pertama dan Kedua. contoh Radeon HD 8670D.
  • AMD Radeon R5/R7 series : Grafis terintregrasi yang ada di Processor AMD APU generasi Ketiga dan seterusnya. Contoh adalah AMD A10 7850K memiliki Radeon R7 series.
LOBenchmark
Contoh salah satu benchmark GPGPU (By Jagatreview)

4. General Purpose GPU (GPGPU),  Seiring dengan perkembangan jaman, GPU yang ada tidak hanya di ciptakan untuk kebutuhan hiburan saja. namun, bisa dipakai untuk kebutuhan perkerjaan. untuk itulah, hadir istilah GPGPU yaitu sebuah metode untuk membuat GPU membantu kinerja CPU (Processor) dalam mengolah aplikasi harian (non hiburan).

Contoh Rig yang dipakai untuk “menambang” Bitcoin. memakai 5 buah vga card
Contoh Rig yang dipakai untuk “menambang” Bitcoin. memakai 5 buah vga card

Seperti, me-render grafis 3D tingkat tinggi, kalkulasi perhitungan cuaca, akselerasi editing multimedia resolusi tinggi. bahkan bisa digunakan untuk Mining “Bitcoin” yang pernah tenar tahun lalu. dengan adanya GPGPU, membuat Processor lebih ringan bebannya serta kinerja meningkat hampir 2x lipat.

Beberapa produsen telah meluncurkan beberapa teknologi yg memudahkan untuk pemograman khusus GPGPU. diantaranya :
  • AMD HSA (Heterogeneous Surround Application)   : Untuk AMD APU
  • AMD APP : Untuk grafis AMD Radeon, FirePro dsb. berbasiskan Open CL
  • Nvidia CUDA : Untuk grafis Nvidia Geforce, Nvidia Quadro, Nvidia Tesla.
  • Intel Quick Sync : Untuk grafis Intel HD Graphics, khusus untuk Multimedia saja…
  • OpenCL : Investasikan oleh Apple namun di kelola oleh Kronos Group. support semua produsen GPU. Support Windows dan Linux.
  • DirectCompute dan DXVA : Diciptakan oleh Microsoft, untuk akselerasi Multimedia (DXVA) dan komputasi (DirectCompute). support semua GPU
  • VDPAU : dipakai untuk Multimedia untuk OS Linux. Support semua GPU

Pengertian GPU (Graphics Processing Unit) Pada PC Desktop dan Laptop

Bagaimana cara menggunakanya? Caranya cukup mudah. pastikan terinstal driver vga card/grafis bawaan dari PC atau laptop anda. diusahakan paling update.  setelah itu, butuh aplikasi yang support. cara menceknya lihat apakah di bagian “setting” ada tulisan nama-nama teknologi yang disebutkan diatas tidak ?? atau tulisan seperti “Akselerasi grafis/Hardware Acceleration/Gpu Acceleration?” kalau ada, pastikan sudah dipilih.

Anda akan mendapatkan performa lebih baik, bahkan di beberapa keadaan, seperti multimedia. anda bisa mendapatkan efek-efek yang sebelumnya berat dijalankan, sekarang lebih ringan.

Semoga Bermanfaat.

Disclaimer: Images, Content of articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact us here.
Disqus
Blogger
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>, and please parse the code in the parser box below.
Show Parser Box

No comments Add Comment

Comments not appropriate topic will sign SPAM.