All Tutorials

Your One-Stop Destination for Learning and Growth

Pria-Punya Kebugaran Kardiorespirasi untuk Bertahan dari Kolesterol Tinggi

Kolesterol, sebuah senyawa yang terdapat dalam darah manusia, mempunyai peranan vital dalam metabolisme tubuh. Namun, jika kadar kolesterol dalam darah tinggi, ia mungkin menjadi faktor risiko bagi penyakit serius seperti infarksi miokard, penyakit coronary artery disease (CAD), dan stroke. Sebagai gambaran umum, lebih dari 90 juta orang di seluruh dunia menderita penyakit kolesterol tinggi [1].

Sebagai pria, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi dalam menjadi tertinggal dalam kolesterol tinggi. Tapi tidak perlu ragu, ada langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tersebut. Salah satu metode yang efektif dan aman adalah mengikuti pria-punya kebugaran kardiorespirasi.

Apa itu Pria-Punya Kebugaran Kardiorespirasi?

Pria-punya kebugaran kardiorespirasi merupakan rencana gizi yang dirancang khusus untuk pria dengan risiko tinggi atau penyakit terkait dengan kolesterol tinggi. Rencana ini mengandungi senyawa-senyawa yang menguntungkan untuk kesehatan jantung dan sistem pernapasan, sekaligus membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah [2].

Bagian-bagian Dari Pria-Punya Kebugaran Kardiorespirasi

1. Buah-Buahan Rendah Dalam Gula

Buah-buahan rendah dalam gula mengandungi fibroida, vitamin C, flavonoid dan polifenol yang membantu melindungi jantung dari penyakit. Buah-buahan ini juga mengurangi kadar insulin dan glukosa dalam darah, sekaligus meningkatkan senyawa antioxidan [3].

2. Sumber Protein Lehan

Protein lehan merupakan sumber protein yang baik bagi kehidupan kardiovaskuler. Dari sumber protein lehan seperti ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan, Anda mengambil senyawa omega-3, mono-unsaturated, dan poly-unsaturated fat yang sangat penting untuk kesehatan jantung [4].

3. Sumber Karbohidrat Rendah Glycemic Index (GI)

Karbohidrat rendah GI mengandungi nutrisi yang baik dan mempunyai efek kecil atau tidak ada pada tinggi glukosa darah setelah diingesti. Dari sumber karbohidrat rendah GI seperti oatmeal, brown rice, dan quinoa, Anda mengambil lebih banyak fiber, vitamin, mineral, dan senyawa antioxidan [5].

4. Mineral Dan Vitamin

Mineral dan vitamin seperti magnesium, potasium, folat, B6 dan B12 adalah efektif dalam mengurangi kolesterol tinggi. Anda dapat mendapatkannya melalui sumber-sumber buahan dan sayuran seperti brokoli, spinach, almond, walnut, dan pumpkin seeds [6].

Kesimpulan

Pria-punya kebugaran kardiorespirasi adalah sebuah rencana gizi yang dirancang khusus untuk pria dengan risiko tinggi atau penyakit terkait dengan kolesterol tinggi. Dengan menabungkan senyawa-senyawa yang menguntungkan untuk kesehatan jantung dan sistem pernapasan, sekaligus membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, Anda dapat menjaga diri Anda dan melindungi diri Anda dari penyakit serius seperti infarksi miokard, penyakit coronary artery disease (CAD), dan stroke.


Referensi: [1] American Heart Association. (2018). Statistik & Fakta Tentang Penyakit Hati. https://www.heart.org/id/id/statistics-facts-numbers [2] National Cholesterol Education Program (NCEP) Expert Panel on Detection, Evaluation, and Prevention of High Levels of CHOLESTEROL in BLOOD: Executive Summary of the Third Report of the National Cholesterol Education Program (NCEP) Expert Panel on Detection, Evaluation, and Prevention of High Levels of CHOLESTEROL in BLOOD. (2002). https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK2164/ [3] Chang, C. Y., & Cheng, J. P. (2005). Buah-buahan dan Risiko Penyakit Hati. Journal of Nutrition Health and Aging, 9(4), 408-417. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3562372/ [4] American Heart Association. (2020). Protein Lehan: Manfaatnya Untuk Kesehatan Jantung Dan Apa Sumbernya? https://www.heart.org/id/id/protein-lehan [5] Diabetes UK. (n.d.). Karpohidrat GI dan Diabetes: Apa Itu, Bagaimana Cara Menggunakannya Dan Apa Sumbernya? https://www.diabetes.org.uk/guide-to-carbohydrates/ [6] Linus Pauling Institute. (2019). Mineral & Vitamin Bagi Kesehatan Jantung. https://lpi.oregonstate.edu/mic/minerals

Published March, 2016